Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Biarkan Apartemen Anda Ikut "Mendung"

Kompas.com - 04/02/2014, 19:28 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Kehadiran sinar matahari yang masuk lewat jendela membuat interior rumah Anda terasa lebih segar dan tentu tampak lebih cerah. Sayangnya, hujan dan awan mendung akhir-akhir ini membuat sinar matahari seolah enggan sampai ke dalam rumah.

Hal yang sama juga sedang terjadi di London, Inggris. Namun, para desainer di Andy Martin Architects (AMA) berhasil mendekor interior sebuah apartemen hingga tampak cerah. Mungkin, trik mereka bisa diikuti.

www.freshome.com dinding ruang keluarga apartemen ini menggunakan warna putih dengan aksen kayu di salah satu sisi dindingnya. Warna putih terus menghiasi hampir seluruh bagian apartemen, kecuali kamar mandi. Kamar mandi dihias dengan menggunakan keramik berwarna hijau cerah.
Apartemen yang dikerjakan AMA merupakan milik Warren dan Claire Johnson, dua tenaga Relasi Publik terkenal Inggris. Apartemen tersebut berada di dalam gedung bernama Little Venice House.

Tanpa dekorasi, karakter apartemen ini sebenarnya sudah cukup istimewa. Meski Freshome tidak menyebutkan luas apartemen ini, namun beberapa karakteristik seperti tinggi plafon dan arah hadap apartemen berhasil disebutkan.

www.freshome.com Tanpa dekorasi, karakter apartemen ini sebenarnya sudah cukup istimewa. Meski Freshome tidak menyebutkan luas apartemen ini, namun beberapa karakteristik seperti tinggi plafon dan arah hadap apartemen berhasil disebutkan.
Apartemen ini memiliki plafon setinggi 4,5m. Di tengah musim panas, apartemen tersebut tentu terasa segar karena tersedianya ruang bagi perputaran udara. Sementara itu, ruang keluarga apartemen ini menghadap ke selatan, tidak terlalu dingin di musim dingin, dan tidak juga sebaliknya di musim panas.

AMA memilih lantai parket yang cukup terang untuk beberapa ruang dalam apartemen tersebut. Lantai parket juga digunakan dalam kamar utama dan kamar mandi. Namun, kamar bayi dan kamar bermain anak menggunakan jenis dan warna lantai berbeda.

www.freshome.com Ruang keluarga apartemen ini menghadap ke selatan, tidak terlalu dingin di musim dingin, dan tidak juga sebaliknya di musim panas.
Sementara itu, dinding ruang keluarga apartemen ini menggunakan warna putih dengan aksen kayu di salah satu sisi dindingnya. Warna putih terus menghiasi hampir seluruh bagian apartemen, kecuali kamar mandi. Kamar mandi dihias dengan menggunakan keramik berwarna hijau cerah.

Tampaknya, AMA gemar menggunakan aksen warna pada furnitur, serta berbagai aksesoris lain, seperti karpet, bantal, lukisan, dan anak tangga. Cobalah menerapkan cara-cara yang dilakukan AMA di rumah Anda. Gunakan lantai dan dinding berwarna netral sebagai "kanvas kosong" di rumah Anda.

Setelah itu, manfaatkan berbagai ornamen untuk menghias rumah Anda. Ornamen, seperti bantal dan selimut, jauh lebih mudah diganti seiring pergantian musim dan tren daripada furnitur.

Selamat mendekorasi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com