Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerja Produktif di Rumah? Bukan Masalah....

Kompas.com - 13/07/2013, 14:40 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Bekerja di rumah tidak lagi menjadi masalah. Justru, ini bisa menjadi peluang bagi anak-anak muda yang ingin memulai usahanya sendiri. Akan tetapi, bekerja di rumah juga sebetulnya tidak bebas risiko. Tanpa disiplin diri, target tidak akan terpenuhi dan kesuksesan akan sulit diraih.

Pemilik startup atau usaha-usaha kreatif rumahan dapat melakukan langkah-langkah ini untuk menciptakan "ruang kantor" mungil atau "ruang kreasi" di rumah.

Pertama, pilihlah sebuah area yang dapat digunakan sebagai ruang kerja. Anda bisa memilih area di belakang rumah, garasi, atau kamar tidur. Tergantung pada pola serta keperluan pekerjaan.

Kemudian, rancang ruang tersebut mampu menjadi ruang kerja yang menyenangkan dan inspiratif. Area pilihan tidak perlu sebuah ruangan khusus. Bagi pemula, sebenarnya pekerjaan bisa dimulai dari kamar tidur sendiri. Sebuah meja, perlengkapan, keinginan, dan disiplin diri sangat berperan penting untuk memulai usaha di rumah.

Bila perlu, catlah dinding di sekeliling area tersebut dengan warna kesukaan. Buat semacam papan atau gantunglah berbagai notes, gambar, dan cenderamata yang bisa menimbulkan inspirasi. Pastikan area ini memiliki akses yang cukup bagi sinar matahari.

Masuknya sinar matahari adalah hal penting. Pastikan jumlahnya tepat dan tidak terlalu banyak. Jika bekerja dengan layar komputer, terlalu banyak sinar matahari, terutama yang langsung mengarah pada komputer, akan menyulitkan penglihatan pada isi layar.

Untuk itu, manfaatkan blinds, gorden, atau mengatur posisi meja agar jumlah sinar matahari yang masuk tidak berlebih. Sebaliknya, jika kurang, gunakan lampu. Cek dahulu warna, kekuatan, dan jenis lampu yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Setelah itu, mulailah menginventarisasi atau membuat daftar kebutuhan dan keinginan untuk area tersebut. Kebutuhan tersebut tentu sangat bergantung pada area pekerjaan. Misalnya, Anda seorang arsitek, pelukis, atau pembuat kerajinan tangan. Anda membutuhkan meja-meja besar, ruang untuk menyimpan alat-alat tulis dan mewarnai, serta ruang kosong serbaguna yang dapat dipergunakan untuk membandingkan karya, presentasi, atau sekedar untuk bersantai. Mulailah dari daftar hal-hal paling mendasar. Seiring perjalanan waktu dan usaha, tentu Anda bisa menambahkannya nanti.

Jika Anda cukup beruntung bisa memiliki studio berukuran luas sebagai ruang kerja di rumah, Anda mungkin dapat mempertimbangkan penggunaan "kereta" mungil untuk menyimpan keperluan. "Kereta" ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpan alat tulis yang dapat dipindah-pindah. Selamat bekerja dan berkreasi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com