Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bekas Lem "Wallpaper" di Dinding

Kompas.com - 31/05/2024, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski memiliki tampilan yang menarik, seiring bertambahnya usia, wallpaper dinding dapat mulai memudar atau terkelupas.

Menyingkirkan wallpaper lama adalah langkah pertama untuk membuat tampilan ruangan menjadi lebih segar, entah dicat kembali atau memasang wallpaper baru.

Namun sayangnya, lem dan sisa wallpaper dinding cukup sulit dihilangkan dan bisa merusak permukaan dinding jika dilakukan secara keliru.

Baca juga: Bikin Ruangan Terlihat Lebih Besar dengan 5 Pilihan Wallpaper Ini

Salah satu cara menghilangkan sisa lem wallpaper dinding yang paling efektif adalah dengan mengoleskan larutan pembersih.

Idealnya, dinding tersebut harus lembab tetapi tidak basah kuyup. Berikan larutan beberapa menit untuk mengendurkan lem kertas dinding sebelum dilakukan proses pembersihan.

Jika lem sudah lunak, gunakan handuk atau lap basah untuk menyekanya. Ini akan menghilangkan sebagian besar lem wallpaper.


Namun, jika masih ada lem yang menempel di dinding, gunakan pisau dempul untuk mengikis sisa lem yang tersisa.

Bekerjalah secara perlahan saat menggunakan pisau dempul. Jika tidak, Anda dapat mencungkil permukan dinding yang masih dalam kondisi bagus. 

Baca juga: Alasan Anda Harus Memasang Wallpaper Gelap di Area Plafon

Setelah lem wallpaper benar-benar bersih, bilas dinding dengan air hangat untuk menghilangkan sisa larutan pembersih dan biarkan dinding benar-benar kering.

Selain menggunakan cairan pembersih, Anda juga bisa menggunakan cairan pelembut kain atau larutan trisodium phosphate (TSP) untuk menghilangkan sisa lem. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com