Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menghilangkan Minyak dari Furnitur Berbahan Suede

Kompas.com - 23/07/2023, 08:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com  - Suede merupakan salah satu jenis material furnitur yang terkenal akan kelembutan dan kenyamanannya. Karena itu, bahan ini banyak digunakan untuk sofa.

Namun demikian, furnitur berbahan suede membutuhkan perawatan khusus, terutama saat membersihkannya dari tumpahan minyak.

Dari sekian banyak produk komersial yang ditawarkan, ternyata Anda bisa memanfaatkan krim cukur yang biasanya digunakan oleh kaum pria.

Krim cukur mengandung surfaktan yang merupakan yang berfungsi untuk memecah dan mengangkat noda. Selain itu, mengandung elemen pelembab seperti gliserin sangat membantu menghilangkan noda minyak dan lemak.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Permukaan Cat Tembok Warna Krem

Untuk menggunakan produk ini, oleskan sedikit krim cukur langsung ke area bernoda dan diamkan setidaknya selama 20 menit.

Waktu tunggu merupakan periode yang penting karena bisa membiarkan krim cukur menembus noda. Setelah itu, bersihkan sisa krim cukur menggunakan kain lembab.

Mengelap kain lembut akan membantu jika ada bagian noda yang tersisa. Setelah proses pembersihan selesai, biarkan bahan suede benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali.

Pilihan krim cukur sangat penting. Disarankan untuk memilih formula putih non-gel. Selain itu, gunakan jumlah produk secukupnya saat mengoleskan krim cukur.

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Cipratan Minyak pada Lemari Minimalis Kayu

Lebih baik menggunakan krim dalam jumlah kecil pada awalnya kemudian tambahkan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan. Bila material suede menjadi terlalu jenuh justru dapat mempersulit proses pembersihan.

Perhatikan pula metode aplikasi produk. Sangat penting untuk diingat untuk mengoleskan, bukan menggosok krim cukur keatas furnitur suede.

Tindakan menggosok yang kuat dapat merusak bahan, sedangkan menyeka dengan lembut menggunakan kain bersih dan kering akan mengangkat noda secara efektif.

 

Setelah menghilangkan minyak, biarkan furnitur suede mengering dengan sendirinya. Paparan pengering rambut atau pemanas, dapat menyebabkan bahan menyusut atau melengkung.

Harus diingat, sebelum menggunakan metode ini, lakukan uji tempel pada area tersembunyi. Langkah ini dapat membantu Anda menghindari kerusakan permanen atau perubahan warna yang tidak diinginkan pada furnitur suede Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com