Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Renovasi Rumah, Berikut Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 21/06/2023, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan renovasi adalah hal umum yang dilakukan oleh pemilik rumah. Tujuannya menyesuaikan antara kondisi bangunan dengan kebutuhan dan keinginan.

Umumnya, penghuni melakukan renovasi pada hunian yang baru akan ditempati. Namun, tak jarang juga yang melakukan renovasi rumah yang sudah ditempati cukup lama.

Secara mendasar, renovasi rumah terbagi menjadi tiga jenis. Meliputi renovasi total, renovasi fungsional, dan renovasi estetika.

Renovasi total merupakan pekerjaan skala besar. Seperti perombakan struktural, pembaruan sistem listrik dan perpipaan, serta penggantian lantai dan dinding.

Kemudian untuk renovasi fungsional bertujuan mengoptimalkan fungsi dan efisiensi ruang, dengan mengubah tata letak atau fungsi ruangan.

Sementara renovasi estetika melibatkan perubahan pada tampilan rumah tanpa melakukan perubahan besar pada struktur atau tata letak ruangan. Seperti halnya pengecatan rumah.

Baca juga: Mau Renovasi Rumah? Anda Bisa Konsultasi ke Kementerian PUPR via Online

Menurut Co-founder dan CPO Gravel, Fredy Yanto, diperlukan perencanaan matang dan terkonsep sebelum melakukan renovasi rumah.

Secara garis besar perencanaan renovasi harus meliputi perencanaan penggunaan material pada bangunan, perencanaan biaya, dan, proses tahapan kerja.

"Hal ini harus dilakukan secara teliti sehingga renovasi dapat tergambar sebelum proses pengerjaan," ujar Fredy Yanto dalam keterangan tertulis pada Rabu (21/06/2023).

Dalam proses perencanaan renovasi, pemilik hunian bisa menggunakan layanan penyedia renovasi yang dapat membantu perencanaan serta mengeksekusi dengan optimal.

Salah satu bagian penting dalam perencanaan adalah pemilihan tukang dengan berbagai keahlian untuk keperluan renovasi.

Mengenai hal itu, Gravel dapat mengakomodir keperluan renovasi rumah melalui layanan Gravel Construction dan Gravel Maintenance.

Co-founder dan CEO Gravel, Georgi Ferdwindra Putra menambahkan, layanan Gravel Construction dan Gravel Maintenance bisa menjadi solusi bagi para pemilik hunian yang ingin melakukan renovasi dengan berbagai skala dan tipe pengerjaan.

"Layanan Gravel Maintenance sudah dapat digunakan oleh pemilik hunian di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Pengerjaan proyek renovasi akan dikerjakan oleh mitra Gravel yang selalu mendapat pelatihan softskill dan hardskill secara rutin dan berkala," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com