Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Memasang Plafon PVC di Kamar Mandi

Kompas.com - 15/05/2023, 11:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan salah satu area di rumah yang rentan terhadap kelembaban sehingga membutuhkan penutup langit-langit rumah yang tepat seperti plafon PVC.

Bila dibandingkan dengan material lainnya seperti kayu, plafon PVC memiliki banyak keunggulan terutama dari segi durabilitas.

Plafon kayu, rentan terkena jamur terutama bila dipasang pada area dengan kelembaban tinggi. Ini berbanding terbalik dengan plafon PVC yang bisa memiliki fitur kedap air.

Baca juga: Meski Tahan Lama, Ini Deretan Kekurangan Plafon PVC

Banyak pilihan plafon yang bisa Anda gunakan untuk area kamar mandi. Salah satu jenis yang paling direkomendasikan adalah plafon PVC.

Karena fitur inilah kondisi plafon PVC tidak memungkinkan untuk dilalui oleh rembesan air, Kelebihan ini yang membuat kamar mandi Anda bisa tetap aman dan kering.

Karena lembaran plafon PVC memiliki mekanisme lidah dan alur yang akan disambung dengan bantuan pita perekat, maka panel-panel ini akan tersambung dengan erat dan tidak menyisakan tempat bagi air untuk merembes.

 

Kelebihan lainnya dari plafon PVC adalah materialnya ringan dan kokoh. Karena itu, sangat mudah dipindahkan dan dipasang.

Material ini dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa bengkok seperti halnya plafon gypsum yang disimpan dalam kondisi yang tidak sesuai.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memasang Wallpaper di Plafon Rumah

Plafon PVC juga sangat tahan terhadap pemudaran karena paparan sinar matahari. Ini karena adanya zat yang tidak menguning seperti titanium dioksida dari komposisi kimia PVC.

Meskipun demikian, hindari penggunaan bola lampu pijar di area plafon PVC karena dapat merusak material. Untuk penerangan, gunakan hanya lampu LED hemat energi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com