Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Begini Cara Memilih Granit ‘Tile’ yang Benar

Kompas.com - 03/05/2023, 12:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hunian dengan kesan mewah dan menawan merupakan impian bagi sebagian besar orang.

Selain penataan desain bangunan, kesan mewah juga dapat dimunculkan melalui penggunaan material yang tepat seperti granit tile atau ubin granit baik untuk lantai maupun dinding rumah.

Granit tile banyak digunakan karena memiliki sifat yang keras dan mampu menahan beban berat yang berada di atasnya.

Baca juga: Ikuti 3 Tips Memasang Granit Ini, Bikin Rumah Tampak Elegan

Selain itu, pilihan warna dan motif granit tile juga beragam sehingga dapat disesuaikan dengan desain interior maupun eksterior rumah. Namun demikian, ketika memilih granit tile Anda tidak bisa melakukannya secara asal-asalan.

Menurut Komisaris PT Demix Sarana Industri Indonesia, David AL, langkah pertama dalam memilih granit tile yang benar adalah memilih yang berkualitas.

“Kualitas granit tile dapat dilihat dari warna dan teksturnya. Granit tile yang berkualitas baik memiliki warna serta tekstur yang konsisten pada bagian permukaannya” ujar David dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (3/5/2023).

 

David menjelaskan granit tile yang baik memiliki ketahanan terhadap efek buruk dari bahan kimia seperti cairan pembersih lantai.

“Sebelum membeli granit tile, konsumen harus menyesuaikan ukuran ruangan dengan ukuran granit tile yang hendak dibeli. Jangan memilih ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena dapat membuat ruangan terlihat tidak seimbang,” tambah David.

Harga granit tile yang relatif mahal membuat proses pemasangannya tidak bisa sembarangan. Karena itu, sangat penting memperhatikan perekat yang digunakan.

Salah satu pilihan perekat yang direkomendasikan adalah Demix C5 Perekat Granite/Homogeneous Tile Ukuran Besar.

Sementara itu, President Director PT Demix Sarana Industri Indonesia Fitria Novita memaparkan Demix C5 telah memiliki sertifikat internasional C2TES1, sehingga secara kualitas produk ini memang sudah diakui secara global.

“Demix C5 juga memiliki opentime hingga 45 menit, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada granit tile berukuran besar yang memang membutuhkan waktu lama dalam proses pemasangannya," jelas Fitria.

Dikatakan, Demix C5 bisa menempel di berbagai permukaan. Jika umumnya perekat granit hanya bisa menempel pada plesteran atau beton, Demix C5 bisa merekat pada kaca, kayu hingga logam.

“Saat ini Demix C5 saat ini dipasarkan mulai dari Rp 275.000 hingga Rp 350.000 per sak dan sudah bisa dibeli di berbagai toko bangunan terkemuka di Indonesia” tandas Fitria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com