Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Keramik Kamar Mandi yang Tepat Bisa Bikin Ruangan Terlihat Besar Loh!

Kompas.com - 06/02/2023, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Roccia


JAKARTA,KOMPAS.com - Pilihan keramik kamar mandi yang tepat bisa mengubah banyak hal termasuk membuat ruangan menjadi lebih besar.

Ini sangat penting karena pada umumnya ukuran kamar mandi di hunian lebih kecil dari ruangan lainnya. Karena itu, Anda harus cermat memilih keramik kamar mandi.

Sebelum membeli keramik kamar mandi, berikut panduan yang bisa diikuti untuk memastikan ruang kamar mandi Anda terasa jauh lebih besar dari yang sebenarnya.

Baca juga: Tak Perlu Diganti! Ini Cara Mudah Memperbaiki Lantai Keramik yang Retak

Pilih keramik berukuran besar

Tips pertama yang bisa Anda terapkan adalah memilih keramik untuk lantai kamar mandi dengan ukuran yang lebih besar.

Ini merupakan cara yang bagus untuk menciptakan ilusi mata dan membuat ruangan terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.

Anda juga dapat menggunakan nat dengan warna yang sama dengan warna keramik yang gunakan. Dengan menjaga keseragaman warna, Anda menciptakan transisi yang mulus di seluruh kamar mandi.

 

Gunakan keramik berwarna terang

Kamar mandi dengan ubin berwarna lebih terang tampak lebih besar daripada kamar mandi dengan ubin berwarna lebih gelap.

Hal ini terjadi karena ubin berwarna terang baik pada dinding maupun lantai kamar mandi akan memantulkan cahaya dan secara visual membuat ruangan terlihat luas.

Baca juga: Plus Minus Punya Keramik Kamar Mandi Berwarna Gelap

Pasang keramik secara diagonal

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat saat ingin membuat kamar mandi terlihat lebih besar, adalah Anda perlu menjaga agar ruangan terlihat mengalir.

Untuk mewujudkanya, pasanglah keramik secara diagonal. Pemasangan ubin diagonal pada kamar mandi berukuran kecil akan menciptakan ilusi bahwa ruangan tersebut lebih panjang dan lebih luas daripada kenyataannya.

Pilih keramik polos

Pastikan Anda memilih keramik yang polos untuk lantai dan dinding bila ingin membuat kamar mandi terasa jauh lebih besar daripada kenyataannya.

Keramik dengan pola yang ramai secara visual akan membuat ruangan terlihat lebih penuh sehingga menimbulkan kesan sempit.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Roccia


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com