Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2023, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Warna bukanlah satu-satunya faktor yang harus Anda pertimbangkan saat memilih cat rumah minimalis untuk dinding interior.

Jangan lupakan shade atau finishing cat rumah minimalis karena akan berpengaruh pada tampilan hunian secara keseluruhan.

Setiap jenis cat rumah minimalis hadir dengan serangkaian fungsi dan sifat unik. Karena itu, Anda wajib mengetahui karakteristik masing-masing cat sebelum membuat pilihan.

Baca juga: Pilihan Cat Rumah Minimalis untuk Kamar Anak

Berikut 5 tipe cat rumah minimalis yang bisa diaplikasikan pada dinding interior hunian seperti dikutip dari laman Berger Paints

Cat emulsi

Cat emulsi merupakan cat dengan bahan dasar air sehingga tidak memiliki bau yang menyengat. Salah satu kelebihan dari cat ini adalah cepat kering dan memiliki kandungan senyawa organik volatil (VOC) yang sangat rendah.

Cat emulsi juga tahan lama dan dapat dicuci sehingga Anda dapat dengan mudah menghilangkan noda menggunakan kain basah atau larutan sabun.

Jenis cat ini tersedia dalam berbagai hasil akhir seperti glossy, silk dan matte sehingga Anda bisa mendapatkan banyak pilihan untuk mengecat rumah.

Cat ini ideal untuk area dengan lalu lintas tinggi seperti pintu masuk, dapur, kamar mandi, ruang belajar, dan kamar anak-anak.

Cat enamel

Ilustrasi penggunaan cat enamel pada kayuShutterstock Ilustrasi penggunaan cat enamel pada kayu

Cat enamel biasanya digunakan untuk melapisi permukaan logam dan kayu. Hasil akhir dari cat ini adalah mengkilap dan buram.

Cat enamel merupakan pilihan yang baik untuk dapur komersial karena tahan terhadap air, noda, dan panas .

Pintu kamar mandi yang mudah terkena kelembaban juga bisa dicat dengan cat enamel agar bisa tahan lama.

Cat bertekstur

Cat bertekstur menawarkan nilai estetika yang tinggi dan cocok untuk menciptakan aksen pada dinding. Cat jenis ini dapat digunakan untuk membuat efek khusus pada dinding, baik tekstur marmer, dinding plesteran maupun popcorn.

Jenis cat ini sangat disarankan bagi Anda yang ingin menyembunyikan kekurangan kecil dan ketidakkonsistenan pada dinding.

Namun, penggunaan cat bertekstur harus dilakukan oleh tukang cat profesional karena memiliki teknik khusus dalam pengaplikasiannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com