Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Mudah Menata Taman di Teras Rumah

Kompas.com - 05/12/2022, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Membuat taman di teras rumah merupakan salah satu solusi bagi Anda yang memiliki hunian dengan halaman sempit.

Karena berada di area terbuka, taman di teras rumah tetap akan mendapatkan banyak pasokan sinar matahari yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Ada banyak pilihan tanaman yang bisa Anda tempatkan pada taman di teras rumah mulai dari bunga, pohon hias, herba bahkan saruran.

Agar bisa sukses, begini cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menata taman teras di rumah seperti dikutip dari laman Krishi Jagran.

Baca juga: Punya Bujet Minim? Begini Cara Murah Bikin Taman Depan Rumah Minimalis

1. Merencanakan tata letak

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur taman teras. Anda bisa memanfaatkan tanah di sekeliling teras atau menaman tanaman di dalam pot.

Karena teras memiliki keterbatasan ruang, maka rencanakan keperluan ruangan sesuai kebutuhan. Carilah lokasi penempatan tanaman yang ideal seperti bisa menerima sinar matahari dalam jumlah yang cukup.

Jika Anda ingin menambahkan area duduk diteras, atur sedemikian rupa agar tidak menumpuk dan menghalangi tanaman. 

2. Pilih tanaman

Saat baru mulai membuat taman, pilihlah jenis tanaman yang mudah dirawat serta mudah tumbuh. Beberapa bunga yang bisa Anda tanam seperti melati, lavender, mawar, lidah mertua atau kaktus.

Sesuaikan juga pemilihan tanaman dengan tampilan taman yang Anda inginkan. Misalnya, bila ingin taman yang berwarna, pilihlah tumbuhan yang bisa berbunga sepanjang tahun.

Jika ingin tampilan taman yang lebih sederhana, Anda bisa memilih tanaman hias daun seperti   lidah mertua, suplir atau tanduk rusa. 

 

3. Periksa ketahanan lantai

Salah satu langkah penting saat membuat taman teras adalah membuat lantai yang tahan air agar penyiraman tanaman tidak merusak bangunan.

Ini adalah prosedur yang sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerusakan bangunan di kemudian hari.

Saat ini, sudah tersedia banyak produk anti air di pasaran sehingga bisa dengan mudah ditemukan. 

4. Mempersiapkan tanah

Tanah harus dipilih sesuai dengan tanaman yang ingin Anda tanam. Anda harus mengatur kelembaban yang tepat agar tanah dapat tetap subur.

Periksa pH tanah dan campurkan dengan kompos untuk produktivitas tanaman yang maksimal.

Kompos bisa didapatkan di toko tanaman atau bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan organik yang ada di rumah seperti sampah sayuran.

Baca juga: Dapatkah Menempatkan Panel Surya di Taman Depan Rumah?

5. Pilih wadah tanaman

Anda dapat menggunakan berbagai jenis pot untuk taman teras Anda. Gunakan pot tanah, pot semen, tas tumbuh atau pot gantung dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna untuk menghias taman.

Bila ingin menekan pengeluaran, Anda dapat menggunakan kaleng cat bekas, peti kayu, ember pecah, peralatan dapur yang rusak atau batok kelapa untuk menanam tanaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com