Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Menyewa Jasa Profesional untuk Menata Taman Depan Rumah?

Kompas.com - 21/11/2022, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Kehadiran teman depan rumah tak hanya bisa memberikan kesejukan namun juga membuat hunian tampak lebih menarik.

Dalam hal menata tanaman, Anda memiliki dua pilihan utama yakni melakukannya sendiri atau mempekerjakan seorang profesional.

Meskipun harus mengeluarkan biaya tambahan, menyewa tenaga profesional untuk menata taman depan rumah dinilai lebih menguntungkan.

Baca juga: Ini 5 Langkah Sukses Bikin Taman di Depan Rumah

Salah satu keuntungannya adalah mendapatkan desain lanskap taman yang tak hanya indah namun juga fungsional baik dari segi ruang maupun cuaca.

Seorang penata taman profesional akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti berapa banyak sinar matahari, naungan yang dibutuhkan hingga jenis aktivitas apa yang akan Anda lakukan di halaman.

Selain itu, penata taman profesional dapat memasang irigasi dan struktur yang diperlukan untuk memelihara halaman Anda dari waktu ke waktu.

 

Hal ini menghemat waktu dan tenaga Anda di kemudian hari serta memastikan halaman akan terawat dengan baik.

Selain itu, penata taman profesional juga akan membantu memilih tanaman dan pohon yang paling cocok untuk lokasi Anda berdomisili.

Mereka akan membantu Anda menghindari memilih tanaman atau pohon yang cepat mati atau membutuhkan perawatan ekstensif.

Baca juga: Cara Tepat Menata Taman Depan Rumah Minimalis

Meskipun menyewa penata taman profesional membutuhkan biaya tambahan, pada kenyataannya, ini dapat menghemat waktu dan uang Anda dalam jangka panjang.

Dengan bekerja sama dengan seorang profesional, Anda akan menghindari kesalahan yang merugikan dan memastikan keindahan halamanan rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com