Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Menghadirkan Air Mancur di Kolam Ikan Minimalis?

Kompas.com - 07/11/2022, 19:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Kolam ikan minimalis di rumah masyarakat, biasanya dilengkapi dengan berbagai elemen tambahan termasuk air mancur.

Ternyata, kehadiran air mancur di kolam ikan minimalis tak hanya untuk menonjolkan unsur estetika saja namun memiliki manfaat bagi kesehatan kolam.

Bila kolam ikan minimalis Anda berada dalam keadaan sehat maka organisme yang hidup di dalamnya juga bisa tumbuh dengan baik.

Baca juga: Ini Deretan Kelebihan Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan bila Anda menghadirkan air mancur di dalam kolam ikan minimalis.

Meningkatkan kualitas air

Salah satu manfaat dari air mancur di dalam kolam ikan adalah bisa meningkatkan kualitas air. Air mancur yang dipadukan dengan aerator, bisa membuat kolam lebih sehat.

Kurangnya agitasi air mengurangi pertukaran oksigen di badan air yang menyebabkan penumpukan amonia, nitrat, dan nitrit.

Bila hadir dalam jumlah yang berlebihan, senyawa-senyawa tersebut bisa membunuh ikan dan makhluk hidup lain di dalam kolam.

Selain itu, air mancur juga bisa menjadi lebih jernih dan menyediakan lingkungan yang baik agar bakteri pencerna sampah organik bisa hidup.

Mengontrol pertumbuhan alga

Air mancur dapat membantu menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan alga agar bisa tumbuh dan berkembang.

Aerasi yang disebabkan oleh air mancur juga secara efektif mendorong spora alga ke bagian kolam yang lebih dalam sehingga sulit ditembus sinar matahari. Kondisi itu membuat alga sulit untuk berkembanh.

Aerasi juga membantu mengurangi gas hidrogen sulfida yang terkumpul di dasar danau dan kolam yang menyebabkan bau negatif.

 

Mengurangi produksi nyamuk

Nyamuk membutuhkan kondisi air yang tenang agar telurnya dapat berkembang. Air mancur akan menciptakan aliran air yang konstan di kolam Anda.

Hal tersebut akan membantu mengurangi habitat perkembangbiakan nyamuk dan bisa menjadi solusi pengendalian nyamuk secara berkelanjutan.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Kolam Ikan Mas di Rumah Anda Tetap Terawat

Mengurangi sedimen di dasar kolam

Bahan organik terurai jauh lebih lambat di bawah kondisi oksigen rendah sehingga dapat menyebabkan penumpukan sedimen dasar kolam Anda.

Aerasi dengan menggunakan air mancur akan membantu mengurangi akumulasi sedimen organik secara keseluruhan.

Hal ini bisa mengurangi kebutuhan pengerukan sedimen di kolam ikan minimalis Anda pada beberapa waktu mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com