Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Kompas.com - 01/11/2022, 14:00 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Banyak elemen yang bisa membuat sebuah hunian tampak sejuk termasuk menghadirkan kolam ikan koi minimalis.

Pembuatan kolam ikan koi minimalis perlu perencanaan yang tepat agar nantinya bisa terlihat menawan.

Namun sebelum mengeluarkan dana, ada beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum membuat kolam ikan koi minimalis. Berikut 4 hal penting yang harus dipertimbangkan.

Baca juga: Cara Sukses Membuat Kolam Ikan di Rumah Minimalis

Anggaran

Anggaran merupakan hal pertama yang perlu Anda putuskan sebelum membuat kolam ikan koi minimalis.

Terlebih akan ada biaya yang harus dikeluarkan di mana sangat tergantung pada ukuran kolam koi, jumlah, warna, dan ukuran ikan koi, aksesori apa yang ingin ditempatkan serta sistem penyaringan yang akan digunakan. 

Ukuran Kolam

Sebelum memutuskan ukuran kolam koi Anda, pastikan Anda memiliki ruang yang cukup di properti agar kolam bisa digali dengan aman.

Mengetahui berapa banyak ruang yang Anda miliki akan memberi Anda petunjuk mengenai seberapa besar kolam yang harus dibangun.

Secara umum, kolam ikan koi harus lebih besar dari kolam ikan biasa. Jadi jika Anda tidak memiliki cukup ruang, mungkin kolam koi tidak cocok Anda miliki.

 

Sistem Filtrasi

Sistem filtrasi sangat penting untuk kolam yang memiliki ikan koi. Memiliki ikan berarti mereka akan menghasilkan limbah. Karena itu, air kolam harus disaring secara teratur.

Sistem filtrasi ini tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Produk ini juga bisa dengan mudah dijumpai baik di toko perlengkapan ikan maupun di toko pertanian.

Baca juga: Terobosan Baru, Ubin Ini Terbuat dari Sisik Ikan

Kemungkinan Predator

Jika Anda tinggal di daerah di mana terdapat predator (kebanyakan berupa burung) maka Anda harus memastikan kolam yang dibangun nanti cukup dalam dan memiliki bebatuan dan tanaman.

Hal tersebut sangat penting karena kehadiran benda-benda tersebut bisa dimanfaatkan oleh ikan koi untuk bersembunyi jika ada predator yang mendekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+