Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Pemerintah Indonesia Berantas Kemiskinan Ekstrem

Kompas.com - 26/10/2022, 19:18 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Dalam rangka memberantas kemiskinan ekstrem di Indonesia banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR.

Pelaksanaan program National Affordable Housing Program (NAHP) Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan salah satu cara yang dilakukan.

Pemberian bantuan ini terjadi di banyak lokasi termasuk berada di Kabupaten Tangerang, Banten, dimana sebanyak 564 unit rumah dengan nilai bantuan sebesar Rp 11,28 Miliar.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan pelaksanaan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem ini merupakan salah satu prioritas utama pemerintah.

 

“Pemerintah bersama Bank Dunia ingin agar program Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Indonesia bisa berjalan dengan baik. Salah satunya dengan menyalurkan program BSPS untuk membantu meningkatkan kualitas rumah tidak layak huni masyarakat miskin,” jelas Iwan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (26/08/89).

Sementara itu, Kepala Project Implementation Unit (PIU) NAHP, Chandra R.P Situmorang, menerangkan dalam pelaksanaan program BSPS ini kami mendorong terwujudnya integrasi program dan kolaborasi dengan stakeholder seperti Pemda dan BAZNAS.

Hal tersebut dibutuhkan untuk mengoptimalkan kualitas rumah layak huni bagi masyarakat penerima bantuan

"Data penerima bantuan ini kami dapatkan dari BKKBN. Kemudian ditindaklanjuti dengan verifikasi berdasarkan nama dan alamat atau by name by address untuk memastikan ketepatan sasaran penerima bantuan sesuai dengan kriteria program," terang Chandra.

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Rumah Swadaya? Cek Dulu Syaratnya Berikut Ini

Di sisi lain, Practice Manager, Urban Resilience and Land Practice Bank Dunia, Ming Zhang menjelaskan, dari hasil kunjungan lapangan ini pihaknya menilai pelaksanaan BSPS NAHP ini sudah tepat sasaran yakni menyasar masyarakat miskin.

Adanya peningkatan kualitas rumah masyarakat miskin sangat diperlukan agar mereka bisa hidup di rumah yang layak huni bersama keluarga.

"Kami sangat puas dan menilai hasil pembangunan lewat Program BSPS NAHP ini sudah tepat sasaran. Selain itu kami harap program ini bisa terus berlanjut dan dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia dan membantu pemerintah mengurangi kemiskinan ektrem," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com