Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Anda Lakukan jika Freon AC di Rumah Bocor?

Kompas.com - 06/10/2022, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Bocornya freon AC merupakan salah satu masalah yang paling umum dijumpai pada pendingin udara atau AC di rumah.

Karena merupakan komponen utama dari pendingin udara, ketika freon AC bocor, maka unit AC Anda tidak dapat menghasilkan udara dingin.

Tanda terjadinya kebocoran freon AC dapat bermacam-macam. Beberapa di antaranya adalah udara yang dikeluarkan AC lebih hangat, terdengar suara mendesis dari AC, serta hadirnya gumpalan es di sekitar unit AC.

Baca juga: Begini Cara Cek Freon AC di Rumah

Setiap unit AC yang baru telah dilengkapi dengan stok freon. Bila AC dalam keadaan prima, freon tidak akan habis karena akan terus dimanfaatkan secara terus menerus. Jadi refrigeran ini akan terus-menerus mengisi dirinya sendiri.

Keadaan ini akan berubah bila terjadi kebocoran pada unit AC. Freon yang tadinya utuh tersebut perlahan-lahan akan menipis. Karena itu, freon harus diisi ulang.

 

Bila Anda menemukan kasus freon AC bocor di rumah, segera matikan unit AC di rumah dan cabutlah dari sumber listrik. 

Setelah itu hubungi teknisi profesional agar mereka bisa mengetahui masalah pada AC tersebut. Jangan bertindak ceroboh untuk mengisi freon sendiri.

Hal ini karena freon merupakan gas beracun yang bisa berbahaya bila terhirup dalam jumlah banyak, terutama bagi orang awam.

Baca juga: 5 Tanda Stok Freon AC Anda Makin Menipis

Pemanggilan teknisi profesional juga sangat penting karena mereka dapat mendeteksi di mana letak terjadinya kebocoran freon.

Mengisi freon saja bukanlah langkah yang bijak karena bila sumber masalah kebocoran tidak diperbaiki, gas freon akan terus terkuras sehingga Anda harus mengeluarkan dana terus-menerus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com