Kompas.com - 05/10/2022, 19:17 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com -Bagi Anda yang memiliki pendingin udara atau AC di rumah, freon Ac yang habis bisa menjadi sumber ketidaknyamanan.

Salah satu masalah yang ditimbulkan saat freon AC habis adalah AC membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dingin.

Agar pendingin udara bisa berfungsi dengan optimal, freon AC yang sudah habis harus segera diisi kembali.

Meskipun freon dijual bebas, bukan berarti Anda bisa melakukan pengisian freon sendiri di rumah. Terlebih bila Anda bukanlah seorang profesional.

Baca juga: Ketahui Dampak Buruk Freon AC Bagi Lingkungan

Anda harus menyerahkan tugas ini kepada seorang profesional karena ada risiko signifikan yang terkait dengan kesehatan pribadi maupun lingkungan.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, paparan freon AC yang berlebihan dapat menimbulkan risiko toksisitas, mudah terbakar, dan sesak napas.

Karena itu, proses penggantian freon harus dilakukan oleh profesional karena mereka sudah dibekali oleh pengetahuan dan perlengkapan perlindungan yang cukup.

 

Selain risiko kesehatan, menambah freon AC tidak selamanya membuat AC Anda bekerja lebih baik untuk waktu yang lama.

Sejatinya, refrigeran di unit AC Anda harus bertahan sepanjang AC masih berfungsi kecuali ada kebocoran.

Jika masalahnya adalah kebocoran, maka ini harus ditangani terlebih dulu. Jika tidak, mengisi freon secara terus menerus justru sangat merugikan.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Freon AC di Rumah Cepat Habis

Tanpa pengalaman dan pelatihan yang tepat, sebagian besar pemilik rumah tidak dapat mengidentifikasi dengan tepat di mana letak kebocoran AC mereka.

Jangan ambil risiko dan segera hubungi teknisi profesional di sekitar tempat Anda berdomisili.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.