Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panel Surya Anda Terendam Banjir? Ini Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan

Kompas.com - 28/09/2022, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Salah satu risiko dari pemasangan panel surya di atas permukaan tanah adalah terkena serangan banjir.

Terlebih bila Anda tinggal di daerah langganan banjir dan memiliki sistem drainase yang cukup buruk. Namun panel surya di atap juga bisa tergenang banjir terlebih jika volume air mencapai atap rumah Anda.

Setelah banjir merendam panel surya Anda, harus ada langkah penanganan yang cepat dilakukan untuk penyelamatan.

Baca juga: Keunggulan Memiliki Panel Surya di Rumah, Apa Saja?

Sebagai informasi, sistem kelistrikan dalam bentuk apa pun termasuk panel surya tidak akan bercampur dengan air.

Jika ada kemungkinan bahwa switchboard Anda, inverter surya, baterai surya, aksesori seperti isolator, terendam selama banjir, maka keselamatan harus menjadi prioritas Anda.

Ada dua sisi sumber listrik rumah Anda yang perlu diperhatikan yakni listrik AC, yang berasal dari jaringan, serta listrik DC, yang berasal dari susunan Anda.

Listrik AC merupakan daya listrik yang masuk ke rumah Anda dari jaringan, memiliki perlindungan bawaan di switchboard Anda.


Jika ada kelembaban berlebih maka daya akan langsung terputus. Namun bila switchboard panel surya benar-benar terendam, maka Anda membutuhkan bantuan tukang listrik untuk memulihkan daya.

Sebaiknya, hubungi perusahaan asuransi serta penyedia listrik di tempat Anda berdomisili untuk meminta saran tentang langkah selanjutnya.

Sementara itu untuk daya listrik DC merupakan daya listrik berasal dari susunan di atap dan bisa menjadi sumber bahaya yang lebih berisiko.

Hal tersebut karena segera setelah array Anda kembali di bawah sinar matahari, modul/panel akan beroperasi dan menghasilkan daya. Jika isolator Anda telah terendam, maka ada potensi untuk terjadi kebakaran.

Baca juga: Cara Melindungi Panel Surya di Rumah Saat Musim Hujan Tiba

Agar lebih aman, sebaiknya matikan isolator AC dan DC yang terhubung ke sistem panel surya Anda. Jika panel surya Anda terendam, maka isolator DC juga perlu dimatikan dan dinilai oleh ahli listrik yang sudah bersertifikat.

Jika Anda memiliki daya dan sistem terlihat kering dan beroperasi, kami tetap tidak menyarankan untuk menyalakan kembali sistem Anda sampai kerusakannya dinilai oleh teknisi listrik yang berkualifikasi.

Panel surya memang dirancang untuk penggunaan di luar ruangan, namun jika panelnya terendam, maka produk ini harus dinilai terlebih dulu.

Misalnya apakah panel tersebut rusak, atau ada retakan mikro dan beberapa hal lainnya yang membuat masuknya uap air.

Komponen saluran, kabel, dan listrik mungkin juga perlu diganti sepenuhnya sehingga harus dilihat apakah produk panel surya tersebut masih bisa digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com