Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Buat Musala di Rumah Minimalis

Kompas.com - 20/09/2022, 16:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Saat ini, memiliki musala di rumah minimalis sudah menjadi kebutuhan, terutama untuk menunjang ibadah yang lebih fokus dan tenang.

Mushola di rumah minimalis juga bisa menjadi ruang khusus untuk belajar beribadah bersama keluarga, terutama bagi anak-anak.

Karena itu, banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat mushola di rumah minimalis agar terlihat selaras dengan konsep hunian secara keseluruhan.

Baca juga: Mau Bikin Ruang Baca di Rumah? Jangan Lewatkan Hal Ini

Berikut  5 hal yang wajib Anda pertimbagkan sebelum membangun musala di rumah minimalis seperti dikutip dari News Delivers

Lokasi

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat ingin menempatan musala di dalam rumah adalah pemilihan lokasi yang tepat. 

Memilih lokasi yang tepat juga penting agar ibadah bisa dilakukan dengan lebih tenang. Misalnya berada di sudut dekat ruang tamu atau kamar tidur.

Ukuran musala juga tidak boleh terlalu kecil, sehingga bisa digunakan untuk beribadah bersama.

Letakan perabot yang penting

Di dalam musala, Anda tetap bisa meletakan perabot. Namun pastikan hanya barang yang penting saja dan bisa berguna untuk menunjang aktivitas ibadah.

Agar tertata rapi, pakai rak penyimpanan untuk menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan kebutuhan ibadah seperti Al-Qur'an dan buku-buku Islam.

Baca juga: Simak, Tips Mudah Membuat Bioskop Mini di Rumah

Anda juga dapat mendekorasi dinding musala dengan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur'an yang inspiratif. Letakkan juga kotak hias untuk menyimpan tasbih.

Tentukan warna cat

Agar ibadah dapat dilakukan dengan lebih nyaman, pilihlah warna musala ang sejuk dan netral. Misalnya, putih, krem, coklat muda, aksen kayu atau warna terang.

Pilihan penutup lantai

Agar konsep minimalis tetap terjaga, gunakanlah penutup lantai yang sederhana. Anda bisa memasang karpet polos untuk membantu meredam suara di dalam musala.

Jika tidak ingin menggunakan karpet, pilihlah jenis keramik yang sejuk dan berwarna terang agar musala bisa tampak lebih luas.

Pencahayaan

Karena akan digunakan sebagai tempat ibadah, gunakanlah pencahayaan yang cukup di dalam musala.

Hindari penggunaan lampu gantung dengan banyak ornamen karena bisa membuat musala terlihat lebih sesak dan padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com