Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Pandangan Agama Islam Mengenai Rumah Tusuk Sate

Kompas.com - 19/09/2022, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Rumah tusuk sate kerap dianggap sebagai tempat yang sial karena dihuni oleh jin-jin jahat dan bisa menyebabkan kemalangan bagi penghuninya.

Karena itu, tidak heran rumah yang berlokasi tepat pada pertemuan dua jalur jalan berbentuk tegak lurus (berbentuk huruf T) ini kurang diminati oleh masyarakat.

Padahal beberapa rumah tusuk sate berada di tepi jalan utama yang menjadikannya sebagai lokasi strategis bila diubah menjadi tempat usaha.

Baca juga: Ini Kerugian yang Bisa Anda Alami bila Tinggal di Rumah Tusuk Sate

Dibalik sederet mitos buruk yang menyertainya, rumah tusuk sate ternyata dianggap merupakan hal yang biasa dalam pandangan agama Islam.

Menurut Ustadz Khalid Basalamah seperti dikutip dari kanal YouTube Sebuah Kisah Official, dalam Islam, tidak ada masalah jika rumah berada di lokasi tusuk sate. 

“Mau rumah tusuk sate, mau tusuk apa, kan dibangun dengan uang halal. Mau ada di ujung gang, mau di samping, mau bentuknya kotak, gak ada masalah dalam Islam,” ungkapannya pada video yang diunggah pada Sabtu (15/7/2017).  

Dikatakan, meskipun sebuah berada di tepi jalan raya dan memiliki tampilan mewah namun jika sang pemilik tidak pernah membaca Al-Quran atau sering mabuk-mabukan, maka rumah tersebut merupakan tempat berkumpulnya jin-jin jahat.

Ini berbeda dengan kondisi rumah yang pemiliknya taat beribadah, melakukan zikir maka rumah tersebut merupakan tempatnya malaikat.

Menurut Ustadz Khalid, anggapan tentang kesialan rumah tusuk sate merupakan Tathayyur dalam Islam yakni menggantungkan sesuatu pada benda-benda yang tidak ada hubungan sama sekali dengan panduan syariat.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Menata Interior Rumah Minimalis

Tathayyur sendiri diharamkan dalam syariat Islam dan dimasukkan dalam kategori perbuatan syirik oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Hal tersebut karena orang menganggap peran sebuah benda menjadi lebih penting karena membawa untung dan celaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com