Kompas.com - 07/09/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi Mengecat Dinding Joshua ColemanIlustrasi Mengecat Dinding

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda warna pada sebuah ruangan dapat memberikan efek terhadap aspek psikologis?

Psikologi warna sering kali digunakan dalam branding perusahaan, desain logo, dan desain interior

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam memilih warna untuk sebuah merek, misalnya, perusahaan ingin warna mencerminkan visi misi mereka, dan membangkitkan perasaan tertentu di pasar sasaran mereka.

Meskipun demikian, ini lebih tentang memilih warna yang tepat, sesuai dengan bagaimana merek ingin dirasakan daripada memilih warna yang akan memiliki efek tertentu.

Apa itu psikologi warna dan bagaimana cara kerjanya?

Penggunaan warna dan cahaya dalam arsitektur mirip dengan dalam branding, di mana warna yang tepat dapat menambah 'kepribadian' sebuah bangunan,

Baca juga: Kenali Warna Cat Dinding untuk Seorang Introvert

Mengutip IJESC.org, hal ini sebanyak mereka dapat menambah efek yang dimunculkan dari suatu warna, dan memengaruhi perasaan orang ketika menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Warna pun sama pentingnya dengan arsitektur bangunan, karena dapat pemicu kesejahteraan fisik, fisiologis dan psikologi terhadap orang yang menempati, memakai dan yang hanya melihat ruangan. 

Ada istilah "sick building syndrome" yang disebabkan oleh kesalahan konstruksi gedung. Tak hanya berupa ventilasi buruk, dan pencahayaan alami yang kurang, pemilihan warna juga dapat memengaruhi perasaan seseorang ketika berada di dalam ruangan.

Warna memiliki efek pada persepsi suhu ruangan, misalnya penggunaan warna sejuk seperti biru, dipercaya dapat menurunkan suhu, dan warna hangat seperti merah memiliki efek yang cukup sehingga ruangan yang sama pada suhu yang sama dapat terasa lebih hangat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.