Ditjen Cipta Karya Butuh Rp 678 Miliar Tangani Pasca Bencana 4 Daerah

Kompas.com - 06/09/2021, 22:53 WIB
Salah satu rumah tahan gempa di Desa Dopang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, NTB. KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA KUSUMANINGRUMSalah satu rumah tahan gempa di Desa Dopang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jendral (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR memerlukan dana sebesar Rp 678,2 miliar untuk penangaan pasca-bencana di empat daerah.

Empat daerah tersebut masing-masing di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Keempat daaerah ini mengalami bencana di tahun 2021. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Direktur Jendral (Dirjen) Cipta Karya Diana Kusumastuti saat ini Kementerian PUPR baru mengalokasikan dana sebesar Rp 338,6 miliar.

Hal tesebut ia sampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat bersama dengan Komisi V DPR RI, pada Selasa (31/7/2021) di Gedung DPR RI.

“Sekarang ini pembangunan di ke-empat daerah ini sementara berjalan. Di Sulbar, progres fisiknya sudah 79,40 persen, NTT 44,28 persen, NTB 25,4 persen serta di Kalsel sebesar 50 persen,” jelasnya.

Baca juga: Rumah Berteknologi Risha Dibangun untuk Korban Bencana Badai Seroja

Pembangunan di Sulawesi Barat, dari 247 gedung yang dibangun, Ditjen Cipta Kerja menangani 96 gedung. Sementara 151 lainnya ditangani oleh pihak lain.

“Saat ini 96 bangunan gedung ini sudah kita kerjakan dan mudah-mudahan bisa kita selesaikan dalam waktu dekat,” papar Diana.

Untuk pembangunan di Sulbar sendiri telah menelan angaran sebesar Rp 164 miliar. Sementara anggaran yang belum di alokasikan, adalah Rp 371,3 miliar.

Di NTT, pembangunan yang dilakukan seperti optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di 34 lokasi, penyediaan infrastuktur pemukiman pada daerah relokasi di Lembata dan Flores Timur serta renovasi prasarana sekolah dan perguruan tinggi.

Untuk pembangunan di NTT, dana yang telah dialokasikan adalah sebesar Rp 163,4 miliar. Sedangkan Rp 255,2 miliar sisanya belum dialokasikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.