Arsitektur Googie, Gaya Futuristik yang Berawal dari Kedai Kopi

Kompas.com - 05/09/2021, 12:30 WIB
Theme Building at LAX Architect MagazineTheme Building at LAX

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukan Anda gaya desain arsitektur Googie?

Desain Googie biasa diaplikasikan pada bangunan untuk restoran, tempat cuci mobil, pom bensin, arena bowling,  teater drive-in, gedung apartemen, dan kadang-kadang rumah keluarga tunggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda pernah melihat film animasi Cars, di situ sangat kental dengan latar bangunan dengan bergaya arstiktektur Googie.

Mulai dari restoran, pom bensin dan motel di mana ia sempat menginap McQueen terdampat di kota kecil bernama Radiator Springs.

Googie adalah gaya arsitektur futuristik yang dipengaruhi oleh budaya mobil, jet, antariksa, dan atom.

Baca juga: Arsitektur Tradisional Hacienda, Dingin Saat Siang, Hangat Saat Malam

Gaya ini muncul pada abad pertengahan ke-20 yang berasal dari California Selatan dengan arsitektur Streamline Moderne tahun 1930-an, dan populer secara nasional dari sekitar tahun 1945 hingga awal 1970-an.

Desain dengan bangunan seperti ini, banyak ditemukan di Los Angeles, dan pinggiran kota sekitarnya di California Selatan.

Bangunan Googie menggabungkan bentuk geometris yang kuat, atap miring, terlihat seperti benda bergerak, dan campuran bahan mulai dari baja, kaca, hingga batu besar.

Googie juga dicirikan oleh desain Space Age yang simbolis dari gerakan, seperti bumerang, piring terbang, atom diagram dan parabola, dan desain bentuk bebas seperti jajaran genjang "lunak" dan motif palet seniman.

Asal-muasal nama desain Googie

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.