Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Rumah, Ingat 4 Furnitur Ini Tak Perlu Dibersihkan Setiap Hari

Kompas.com - 03/09/2021, 13:30 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak dari kita ingin mengurangi waktu untuk berbenah segala  furnitur dan perabotan, tapi rasanya tak mungkin. 

Kotoran datang, silih berganti. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil, pasti akan menguras tenaga dan harus memgalokasikan waktu khusus untuk membersihkan rumah.

Tapi, ada furnitur yang tak perlu harus dibersihkan setiap hari. Itu adalah salah satu cara untuk mengurangi waktu membenahi rumah Anda.

Sementara yang perlu dilakukan setiap hari adalah menyapu dan mengepel lantai; melap meja dan kursi serta mencuci piring maupun pakaian. 

Baca juga: Ketahui Tiga Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

Berikut furnitur dan perabotan yang tak perlu sering Anda rawat sehingga waktu bersih-bersih pun berkurang dan dapat menyimpan tenaga untuk hal yang lain.

1. Karpet tebal dan furnitur berlapis

Idealnya, karpet dan furnitur berlapis kain  dibersihkan secara profesional setiap setahun sekali atau jika ingin kinclong sangat bisa ditambah setiap sebulan sekali.

Sementara, jika Anda repot, tidak punya waktu untuk membersihkannya secara mandiri bisa memakai jasa laundry atau mendatangkan asisten rumah tangga ke rumah.

Jika Anda seorang yang melakukan semua serba sendiri, maka perlu diperhatikan untuk tidak terlalu menggunakan banyak sampo atau sabun pembersih terlalu banyak. 

Sampo atau sabun pembersih yang banyak dapat melemahkan alas karpet dan merangsang pertumbuhan jamur atau lumut pada bantalan karpet dan furnitur.

2. Gorden atau Tirai

Tirai atau gorden di ruang tamu dan kamar tidur tidak perlu sering dibersihkan; pembersihan menyeluruh dengan mencuci atau dry cleaning setahun sekali sudah cukup.

Jika belum setahun sudah berdebu, lepaskan tirai dan masukkan ke pengering pada siklus 'hanya udara' untuk menghilangkan debu dan bisa menghilangkan beberapa kerutan. 

Sementara, tirai yang berada di dapur dan kamar mandi harus lebih sering dicuci karena mereka menangkap partikel lemak dan semprotan aerosol yang berlebihan.

3. Furnitur Berbahan Kayu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com