Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hal Perlu Dihindari Ketika Mendekorasi Rumah Kontrakan

Kompas.com - 27/08/2021, 06:00 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Insider

JAKARTA, Kompas.com - Menyewa rumah atau apartemen memiliki tantangan tersendiri, saat Anda ingin mendekorasinya agar sesuai selera.

Pilihan furnitur, desain, warna cat dan elemen lain yang salah akan membuat ruang terasa sempit, alih-alih estetik dan menyenangkan.

Padahal, ada banyak pilihan yang membuat ruang Anda lebih indah dan efisien.

Baca juga: Mengapa AC di Rumah Tidak Dingin? Ternyata, Ini Jawabannya

Dilansir dari Insider, Kamis (26/8/2021),  jangan lakukan tiga hal ini ketika mendekorasi rumah kontrakan:

1. Jangan gunakan paku untuk menggantung karya seni

Menambahkan karya seni ke pada hunian sewa dapat mempercantik ruang yang ada, tetapi menggunakan paku payung dapat melanggar perjanjian sewa menyewa.

Menggunakan strip dinding perekat untuk menggantung karya seni yang mudah dilepas dan tidak akan merusak dinding merupakan cara terbaik tanpa meninggalkan bekas lubang di tembok

Jika hunian telah dilengkapi dengan perabotan, cobalah menukar karya seni yang sudah ada sebelumnya dengan milik sendiri untuk menghindari pengeboran lubang baru atau menghabiskan uang untuk perekat.

2. Mengecat dengan warna terang

Beberapa pemilik rumah memperbolehkan untuk mengecat ulang dinding sesuai dengan keinginan penyewa, tetapi jika pindah atau pergi dari tempat itu harus dikembalikan ke kondisi semula.

Warna gelap atau warna tua akan membuat Anda sakit kepala, memiliki daya pantul yang sangat rendah terhadap cahaya yang masuk. Warna ini membuat suatu objek tampak lebih berat.

Sementara warna terang, dapat menimbulkan kesan yang penuh semangat dan ceria. Cocok untuk dipakai pada ruangan bergaya modern, kontemporer, atau yang khas anak muda.

3. Tempat tidur besar membuat ruangan Anda terasa kecil

Mencoba memasukkan tempat tidur berukuran besar di kamar Anda akan membuat terasa sesak, semakin sempit karena tidak memiliki ruang. 

Pilihlah tempat tidur platform dengan kepala tempat tidur dan tanpa alas kaki yang tidak tinggi untuk memaksimalkan kamar tidur.

Selain itu, Anda juga dapat memilih bingkai tempat tidur dengan laci penyimpanan built-in.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Insider
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com