Kompas.com - 26/08/2021, 15:00 WIB
Cakrawala Jakarta, Indonesia. Hilda B Alexander/Kompas.comCakrawala Jakarta, Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - CBD Jakarta menambah koleksi perkantoran baru yakni RDTX Place dan Trinity Tower (Daswin Office Project).

Keduanya berlokasi di kawasan Kuningan dengan total luas bangunan sekitar 164.000 meter persegi, menjadikan total stok perkantoran sekitar 6,84 juta meter persegi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari total pasokan CBD, perkantoran Grade A mendominasi sekitar 40 persen, diikuti oleh Grade B sekitar 27 persen, dan Grade Premium sekitar 24 persen. Sedangkan Grade C menyumbang sekitar 9 persen dari total stok.

Namun, pertambahan pasokan ini tidak diimbangi permintaan, yang masih terbatas dari perusahaan e-commerce dan teknologi besar.

Perusahaan jenis ini mendorong permintaan perkantoran, beberapa dari mereka mengambil kesempatan untuk mendapatkan ruang di gedung-gedung baru.

Baca juga: Perkantoran Sehat dan Murah Paling Dicari Perusahaan

Selain itu, penyewa utama di bidang perbankan, minyak dan gas serta barang konsumsi dan perdagangan juga aktif mencari penawaran oportunistik (untuk mendapatkan keuntungan) pada gedung baru dengan fasilitas yang jauh lebih baik untuk kebutuhan ekspansi dan relokasi pada masa depan.

Secara keseluruhan, serapan bersih pada Semester pertama tahun 2021 mencapai sekitar 48.114 meter persegi, mangalami peningkatan dari semester sebelumnya pada pasokan tambahan yang substansial selama periode tersebut.

Perkantoran Grade A menyerap sebagian besar permintaan bersih dengan angka sekitar 80 persen, sementara Perkantoran Premium dan Grade B masing-masing menyerap sekitar 10 persen dari serapan bersih selama periode ini.

Dengan lebih banyak pasokan tambahan dibandingkan dengan tingkat serapan bersih, menjadikan jumlahnya naik sekitar 25,4 persen.

Meningkatnya kekosongan terus menekan harga sewa. Dengan lebih banyak ruang kosong yang tersedia di pasar, pemilik gedung-gedung yang baru selesai dibangun, berlomba-lomba untuk memikat penyewa dengan menawarkan paket sewa yang menarik dan berbagai insentif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber savills
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.