Bagaimana Menciptakan Rumah yang Sehat dan Nyaman Saat Pandemi?

Kompas.com - 26/08/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi ruang tamu Unsplash/Sidekix MediaIlustrasi ruang tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam perencanaan dan desain ruang di rumah.

Wabah ini membuat kesadaran masyarakat akan kebersihan dan kesehatan sebagai dasar desain suatu ruang semakin besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pola kebiasaan baru pun diterapkan. Mulai dari bekerja dari rumah, memakai masker, dan tidak boleh berkerumun di ruang publik.

Hingga saat ini, segala aktivitas banyak dilakukan di dalam rumah. Namun, setiap hari berada di rumah, tentunya akan menimbulkan rasa bosan.

Lantas bagaimana menciptakan ruang yang sehat di dalam rumah agar terhindar dari kebosanan, sekaligus mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru?

Baca juga: Pengurangan Emisi Karbon, Isu Penting di Konferensi Iklim COP26

Principal Architect dan Founder PT Arya Cipta Graha Cosmas Gozali menjelaskan, elemen-elemen khusus perlu ditambahkan.

Hal ini agar tercipta ruang sekaligus rumah yang sehat, dan juga nyaman, mengingat Indonesia beriklim tropis dengan tingkat kelembapan tinggi.

Rumah memerlukan banyak ventilasi udara. Salah satu caranya dengan menambahkan roster agar menciptakan sirkulasi udara yang baik.

"Roster ini juga sangat bermanfaat terhadap rumah yang tidak memiliki ruang bukaan ke arah barat atau timur,” jelas Cosmas kepada Kompas.com, Rabu (25/8/2021).

Cosmas menambahkan, jika memiliki ruang kosong di dalam rumah yang tidak digunakan, bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan cahaya masuk dengan mengubah bagian atas melalui penerapan kaca skylight.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.