Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Terbuka Hijau, Nilai Plus Pusat Perbelanjaan di Masa Pandemi

Kompas.com - 25/08/2021, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah mengubah tantanan kehidupan masyarat dunia, termasuk bagaimana cara manusia saling berinteraksi.

Selain membatasi interaksi, masyarakat dianjurkan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di ruang terbuka demi menekan laju penularan virus.

Kehadiran ruang terbuka ini ternyata bisa menjadi nilai tambah bagi sebuah mal saat masih berlangsungnya pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Senior Advisor Research Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan, akses ruang terbuka hijau di sebuah pusat perbelanjaan, bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Baca juga: Hingga 2023, Jakarta Bakal Tambah Enam Mal Baru

“Tidak bisa dipungkiri pasti orang akan lebih memilih berkunjung ke mall yang memiliki banyak akses ke ruang terbuka dari pada mall yang biasa. Hal ini kemungkinan bisa ditemukan pada mal-mal baru yang dirilis saat pandemi,” jelas Syarifah, Selasa (24/8/2021).

Keberadaan ruang terbuka hijau yang banyak, dapat menjadi selling point dan menarik animo masyarakat untuk berkunjung.

Apalagi, di dunia digital seperti sekarang informasi akan dengan cepat menyebar luas terlebih bila ada hal-hal unik dan baru.

Pastinya konsumen akan penarasan dan ingin mendapatkan pengalaman berbelanja di mal dengan desain yang menyatu dengan ruang hijau.

"Tentunya mal akan mendapatkan keuntungan bila tingkat kunjungan naik,” ucap dia.

Konsep ruang terbuka pada mal ini bisa dikembangkan, mengingat Jakarta belum dinilai memiliki ruang terbuka ideal 30 persen.

“Ini bisa menjadi referensi untuk ritel-ritel baru sehingga mereka bisa beradaptasi dengan melakuan redesign dan relayout, di mana area toko dapat terkoneksi dengan area hijau dan terbuka,” tandasnya.

Hingga 2023, Jakarta akan memiliki enam mal baru yakni AEON Mall Southgate Tanjung Barat, Thamrin Nine Mixed Used, MTC Tanah Abang, Holland Village Mall, Menara Jakarta Shoping Mall, serta Daan Mogot City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com