Kompas.com - 20/08/2021, 10:30 WIB
Kapal Motor Bukit Raya bersandar di Pelabuhan Belawan, mulai beroperasi sebagai tempat isoter terapung untuk warga Medan, Kamis (19/8/2021) Dok: Dinas Kominfo Kota MedanKapal Motor Bukit Raya bersandar di Pelabuhan Belawan, mulai beroperasi sebagai tempat isoter terapung untuk warga Medan, Kamis (19/8/2021)

MEDAN, KOMPAS.com - Kapal Motor Bukit Raya bersandar di Pelabuhan Belawan, Kota Medan. Jumat (20/8/2021) malam, kapal ini mulai beroperasi sebagai tempat isolasi terpusat (isoter) terapung untuk warga Medan yang terkonfimasi positif Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau kondisi dan persiapannya bersama Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP MR Dayan, Wakil Wali Kota Aulia Rachman dan Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Captain Jhonny Runggu Silalahi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengecek berbagai fasilitas seperti tempat tidur, tempat berjemur dan tenaga kesehatan.

Bobby mengatakan, dalam keadaan normal, KM Bukit Raya dapat menampung 900 lebih penumpang.

Namun, selama digunakan sebagai isoter, kapal hanya menampung 485 orang. Pembatasan ini sesuai protokol kesehatan dan tidak ada biaya yang harus dikeluarkan selama menjalani isolasi.

Baca juga: Bekas Hotel Bintang 4 di Medan, Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG

"Masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya namun tidak memenuhi syarat, masyarakat rentan, ibu hamil, lansia, kita minta pindahkan ke isoter," katanya dikutip dari rilis berita Diskominfo Medan yang diterima Kompas.com, Kamis (19/8/2021). 

Bobby menyampaikan, Kapolres Pelabuhan Belawan bertanggung jawab memindahkan warga rentan dari isolasi mandiri (isoman) di rumahnya ke isoter terapung.

Untuk tenaga kesehatan, setiap 100 pasien akan ditangani empat dokter dan delapan perawat dari Dinas Kesehatan Kota Medan bekerja sama dengan RSUD Dr Pirngadi Medan.  

"Yang pasti, kami Pemkot Medan atasnama warga Medan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, BNPB atas bantuan isoter ini," ucapnya.  

Selain KM Bukit Raya, Pemkot Medan telah memiliki isoter lain yakni bekas Hotel Soechi di Jalan Cirebon dan gedung P4TK di Jalan Setia Budi, Kecamatan Medanhelvetia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.