Telah Hadir Ikon Baru Venesia, Jembatan Beton Tiga Dimensi

Kompas.com - 06/08/2021, 11:00 WIB
Jembatan Striatus, merupakan jembatan yang dibangun dengan beton tiga dimensi dan saat ini berlokasi Kota Venesia, Italia. Daily Architechture NewsJembatan Striatus, merupakan jembatan yang dibangun dengan beton tiga dimensi dan saat ini berlokasi Kota Venesia, Italia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Venesia, Italia, memiliki ikon arsitektur baru yakni jembatan Sriatus, dan merupakan jembatan yang dibangun dengan beton tiga dimensi.

Jembatan ini dirancang oleh Zaha Hadid Architects dan Block Research Group, bekerja sama dengan Incremental 3D dan merek semen ternama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jembatan ini telah dibuka untuk umum dan peresmiannya dirasa dengan masih berlangsungnya event Biennale of Architecture di Venesia.

Striatus merupakan nama yang diberikan karea jembatan tersebut dinilai bisa membangun kultur baru, seperti penggunaan beton digital, ramah lingkungan dan memiliki desain melingkar.

Baca juga: Keren, 5 Perpustakaan di Amerika Ini Dianggap Paling Indah

Jembatan ini disatukan melalui kompresi dan menerapkan desain komputasi dan pencetakan 3D agar meskipun pengunaan material ditekan sekecil mungkin, tapi kekuatan konstruksinya besar.

“Nama Striatus mencerminkan logika struktural dan proses fabrikasi jembatan,” kata co-director Block Research Group Philippe Block, seperti dikutip dari Daily Architechture News.

“Dalam struktur melengkung dan berkubah, material ditempatkan sedemikian rupa sehingga gaya yang tercipta dapat menyangga jembatan. Kekuatan diciptakan melalui geometri, menggunakan sebagian kecil dari bahan yang digunakan dalam blok beton konvensional.” Terang Block.

Sementara itu, Kepala CODE Zaha Hadid Architects Shajay Bhooshan mengatakan, pembangunan striatus ini dilakukan dengan memadukan teknik masa lampau dan sekarnag.

“Lewat pengerjaan proyek baru ini kami bisa menghidupkan kembali teknik leluhur di masa lalu, membawa logika struktural tahun 1600-an ke masa depan dengan komputasi digital, rekayasa, dan teknologi manufaktur robotik,” kata Bhooshan. 

Striatus merupakan jembatan batu melengkung pertama yang dibangun dari balok beton cetak 3D. Proses perakitannya tanpa menggunakan bantuan mortar.

Dipamerkan di Giardini della Marinaressa selama Venice Architecture Biennale hingga November 2021, jembatan penyeberangan sepanjang 16x12 meter ini adalah yang pertama dari jenisnya. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.