Pusat Olahraga Ini Dibangun dari Biomaterial Berbahan Rami

Kompas.com - 02/08/2021, 14:30 WIB
Pusat olahraga Pierre Chevet di Prancis yang didesain oleh Studio arsitek Paris, Lemoal Lemoal DezeenPusat olahraga Pierre Chevet di Prancis yang didesain oleh Studio arsitek Paris, Lemoal Lemoal

JAKARTA, KOMPAS.com - Studio arsitek Paris, Lemoal Lemoal, baru saja membangun pusat olahraga Pierre Chevet di Perancis menggunakan material ramah lingkungan, yakni balok hempcrete yang terbuat dari rami.

Seperti dikutip dari Dezeen, Senin (2/8/2021) Lemoal Lemoal menekankan, Pierre Chevet merupakan bangunan publik pertama di Perancis yang dibangun dari biomaterial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pierre Chevet merupakan gedung olahraga seluas 380 meter persegi ini terletak di kota Croissy-Beaubourg, dekat dengan Paris.

Lemoal Lemoal menggunakan bangunan tersebut sebagai kesempatan untuk bereksperimen dengan rami sebagai bahan konstruksi.

Baca juga: Semen Fiber Ciptakan Sensasi Pengalaman Berbeda di Rumah Anda

Pusat olahraga tersebut berisi ruang latihan dan ruang ganti. Dindingnya dibangun dari balok hempcrete yang dibuat oleh pabrik semen Vicat.

Balok hempcrete terbuat dari materi kapur yang dicampur dengan rami. Pada bagian luar bangunan dilapisi panel serat semen putih yang melindungi balok rami.

Sementara pada bagian dalam gedungnya terbuat dari batang tanaman rami yang dikenal sebagai shives.

Struktur kayu tersebut berbentuk setengah kubah yang disatukan ke dinding hempcrete untuk menopang dan menyediakan ruang interior.

"Strukturnya adalah campuran balok kayu dan hempcrete, serambi kayu setengah berkubah bersandar pada dinding balok hempcrete untuk penyangga," kata Lemoal Lemoal.

"Kombinasi ini membebaskan ruang maksimum agar orang dapat berolahraga, dan memungkinkan pembukaan dua fasad yang besar menuju ruang publik," lanjutnya.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.