Menara Kapsul Nakagin Terancam Diubah Jadi Rumah Sewa

Kompas.com - 18/07/2021, 07:00 WIB
Menara Kapsul Nakagin Tokyo yang berlokasi di Ginza. Menara ini merupakan bangunan bergaya Metabolisme pada abad ke-20 yang dirancang oleh arsitek Kisho Kurokawa. DezeenMenara Kapsul Nakagin Tokyo yang berlokasi di Ginza. Menara ini merupakan bangunan bergaya Metabolisme pada abad ke-20 yang dirancang oleh arsitek Kisho Kurokawa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu landmark Tokyo yang terkenal, Menara Kapsul Nakagin, rencananya dibongkar dan disumbangkan ke museum atau diubah menjadi rumah sewa.

Terletak di kawasan Ginza, menara ikonik ini merupakan bangunan bergaya metabolisme pada abad ke-20 yang dirancang oleh arsitek Kisho Kurokawa. Uniknya, menara ini dibangun hanya 30 hari.

Seperti dikutip dari Dezeen, Sabtu (17/07/2021),sebagian besar beton dan baja di menara ini memang telah rusak dan kerap diusulkan untuk dibongkar sejak tahun 2007 silam.

Sekarang, pemilik dan penghuni Menara Kapsul Nakagin telah memutuskan untuk menjual rumah mereka setelah gagal menemukan pembeli yang siap mendanai restorasi gedung.

Baca juga: Hanya di Jepang, Perancang Busana Louis Vuitton Mendesain Toilet Umum

Para pemilik sedang melakukan penggalangan dana untuk merenovasi 139 kapsul yang tersisa sehingga dapat disumbangkan ke institusi, atau dipindahkan ke tempat lain di Tokyo.

Opsi lainnya, menara ini bisa disewakan kepada orang-orang yang ingin merasakan tinggal di salah satu ruangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kisho Kurokawa yang meninggal pada tahun 2007, awalnya merancang blok perumahan modular untuk menarik pengusaha yang mencari apartemen berlokasi strategis.

Dibentuk dari dua menara yang saling berhubungan dan terbuat dari beton, Menara Kapsul Nakagin dibangun dari 140 modul baja prefabrikasi yang disambungkan ke poros utama.

Setiap modul berukuran 2,5 meter kali empat meter dan memiliki jendela bundar khas seperti yang dimiliki oleh kapal.

Rumah-rumah mungil di menara tersebut masing-masing dilengkapi dengan perabotan seperti tempat tidur di bawah jendela, lemari, kompor, lemari es, dan telepon.

Halaman:


Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X