Kompas.com - 13/07/2021, 08:00 WIB
Sekelompok orang berkumpul di luar Fan Zone Euro 2020 di Trafalgar Square, London, Inggris, pada Minggu (13/6/2021). KOMPAS/Adjie Masdyka SudaryantoSekelompok orang berkumpul di luar Fan Zone Euro 2020 di Trafalgar Square, London, Inggris, pada Minggu (13/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah adanya pelonggaran lockdown di London, Inggris, harga sewa properti pusat kota pada bulan Juni 2021 naik 4,3 persen lebih tingi dari bulan sebelumnya.

Dikutip dari The Business Times, Senin (12/07/2021), agen perumahan, Hamptons International melaporkan kenaikan ini merupakan pertama kalinya sejak awal pandemi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pemilik properti di London mengalami kesulitan lebih dari investor lain di negara ini selama pandemi berlangsung," kata Kepala Penelitian Hamptons, Aneisha Beveridge.

Menurutnya, dalam beberapa bulan terakhir pertumbuhan sewa di London telah berubah arah.

Baca juga: Kembali Terpilih Jadi Wali Kota London, Sadiq Khan Andalkan Program Rumah Murah

Namun dengan adanya kenaikan harga sewa properti ini, ia yakin harga sewa bisa kembali normal.

"Saya memperkirakan harga sewa di pusat kota London akan segera kembali ke harga sebelum terjadinya pandemi," ucapnya. 

Kenaikan harga ini karena jumlah penyewa yang mencari properti sewaan melonjak 45 persen pada Juni dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019.

Kurangnya hunian yang tersedia juga memberikan kontribusi pada kenaikan harga sewa apalagi market place properti seperti Airbnb kembali beroperasi.

Ketertarikan orang untuk kembali tinggal di pusat kota memberi peluang besar bagi perekonomian London agar bisa bangkit dari keterpurukan.

Namun belum diketahui pasti apakah kedepannya pola kehidupan masyarakat di kota akan berubah karena cukup banyak yang pindah ke daerah pinggiran.

Salah satu keuntungan yang didapatkan bagi mereka yang kembali tinggal di pusat kota London adalah mendapat properti yang relatif murah.

Meski harga sewa di bulan Juni ini mengalami kenaikan namun total harganya masih turun 16,5 persen dari tahun sebelumnya.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.