Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Sewa Properti di Kota London Kembali Naik

Kompas.com - 13/07/2021, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah adanya pelonggaran lockdown di London, Inggris, harga sewa properti pusat kota pada bulan Juni 2021 naik 4,3 persen lebih tingi dari bulan sebelumnya.

Dikutip dari The Business Times, Senin (12/07/2021), agen perumahan, Hamptons International melaporkan kenaikan ini merupakan pertama kalinya sejak awal pandemi.

"Pemilik properti di London mengalami kesulitan lebih dari investor lain di negara ini selama pandemi berlangsung," kata Kepala Penelitian Hamptons, Aneisha Beveridge.

Menurutnya, dalam beberapa bulan terakhir pertumbuhan sewa di London telah berubah arah.

Baca juga: Kembali Terpilih Jadi Wali Kota London, Sadiq Khan Andalkan Program Rumah Murah

Namun dengan adanya kenaikan harga sewa properti ini, ia yakin harga sewa bisa kembali normal.

"Saya memperkirakan harga sewa di pusat kota London akan segera kembali ke harga sebelum terjadinya pandemi," ucapnya. 

Kenaikan harga ini karena jumlah penyewa yang mencari properti sewaan melonjak 45 persen pada Juni dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019.

Kurangnya hunian yang tersedia juga memberikan kontribusi pada kenaikan harga sewa apalagi market place properti seperti Airbnb kembali beroperasi.

Ketertarikan orang untuk kembali tinggal di pusat kota memberi peluang besar bagi perekonomian London agar bisa bangkit dari keterpurukan.

Namun belum diketahui pasti apakah kedepannya pola kehidupan masyarakat di kota akan berubah karena cukup banyak yang pindah ke daerah pinggiran.

Salah satu keuntungan yang didapatkan bagi mereka yang kembali tinggal di pusat kota London adalah mendapat properti yang relatif murah.

Meski harga sewa di bulan Juni ini mengalami kenaikan namun total harganya masih turun 16,5 persen dari tahun sebelumnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com