Kompas.com - 01/07/2021, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya Mediterania merupakan salah satu jenis arsitektur paling populer di Amerika Serikat. Cirinya yang paling dikenal adalah penggunaan genteng tanah liat serta dinding yang diplester rapi.

Meskipun arsitektur Mediterania awalnya mendapat inspirasi dari Italia, Portugal, Spanyol, dan negara-negara lain di sekitar Laut Mediterania, seiring waktu, pengaruh dari Perancis, Yunani, dan Maroko ikut masuk ke dalamnya.

Karena memiliki begitu banyak pengaruh budaya, gaya arsitektur ini kerap dikenal sebagai Kolonial Spanyol, Morrocan, Mission Revival, dan Neo-Mediterania.

Baca juga: Mengenal Gaya Arsitektur Rococo yang Cantik dan Menawan

Terlepas dari perbedaan pengaruh dan gaya, semua hunian bergaya Mediterania selalu menghubungkan sang pemilik dengan alam.

Mengutip The Spruce, Kamis (01/07/2021), desain hunian memiliki jendela dan pintu besar untuk akses ke area teras, atau balkon.

Rumah Mediterania dirancang untuk berbaur dengan alam dan membuat pemilik rumah merasa nyaman.

Sejarah Arsitektur Mediterania

Seperti banyak gaya arsitektur, rumah-rumah Mediterania awalnya dibangun dengan bahan-bahan yang tersedia saat itu.

Seperti bata khas Spanyol, adobe (batu bata yang terbuat dari jerami dan tanah liat), lapisan plesteran bertekstur serta genteng tanah liat khas berwarna merah.

Bagunan bergaya Mediterania yang banyak dijumpai sekarang disebut sebagai Kebangkitan Mediterania, dan dibangun untuk menampikan kehangatan, kekayaan, dan relaksasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.