BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mitra10

Deretan Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Ingin Merenovasi Rumah

Kompas.com - 16/06/2021, 17:20 WIB
Ilustrasi merenovasi rumah Shutterstock/Sergey NivensIlustrasi merenovasi rumah


KOMPAS.com – Seiring waktu, kualitas bangunan maupun perabotan interior rumah mulai berkurang. Warna cat tembok memudar dan furnitur di tiap ruangan pun terlihat usang dan tak sedap dipandang.

Bila dibiarkan, hal tersebut dapat membuat rumah terasa menjemukan. Bahkan, bisa membahayakan penghuni rumah, mengingat kualitas bangunannya menurun.

Untuk mengatasi masalah tersebut, renovasi rumah menjadi opsi terbaik untuk dilakukan. Renovasi sendiri diperlukan sebagai bentuk peremajaan terhadap hunian.

Adapun peremajaan tersebut bertujuan untuk membuat rumah dapat bertahan lama sekaligus memberikan perubahan dari segi bentuk, struktur, dan desain bangunan.

Namun, sebelum melakukan renovasi, Anda perlu mempersiapkan perencanaan yang matang.
Agar Anda mendapat perhitungan yang tepat dan hasil sesuai keinginan, berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan saat hendak merenovasi hunian.

Menghitung kebutuhan renovasi

Sebelum memilih bahan material, ada baiknya Anda menghitung secara rinci kebutuhan bahan bangunan yang diperlukan.

Sebagai contoh, ketika ingin merenovasi lantai, Anda perlu mengukur luas lantai tiap ruangan di rumah. Pengukuran ini dilakukan agar Anda dapat membeli jumlah keramik sesuai kebutuhan renovasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, hitung pula bahan-bahan yang diperlukan untuk pemasangan lantai, seperti semen dan pasir.

Lakukan hal sama untuk keperluan renovasi pada bagian lain di rumah.

Dengan mengenal lebih detail bangunan rumah, Anda bisa terhindar dari pembengkakan biaya yang tak dibutuhkan.

Jika tak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa arsitek dan kontraktor. Seperti diketahui, dalam membangun atau merenovasi rumah, arsitek berperan dalam mendesain rumah, sedangkan kontraktor bertugas menentukan bahan yang sesuai dengan spesifikasi rumah Anda.

Tanpa pengukuran dan perhitungan yang matang, Anda akan lebih berisiko untuk melakukan pemborosan saat membeli bahan bangunan.

Meriset kualitas dan harga material bangunan

Setelah Anda mengetahui kebutuhan bahan bangunan, kini Anda bisa meriset kualitas dan harga material tersebut. Manfaatkan internet untuk melihat informasi ini.

Untuk diketahui, saat ini ada banyak merek yang menawarkan produk bahan bangunan. Pun dengan harga maupun kualitasnya. Oleh karena itu, riset dapat membantu Anda dalam memilih produk yang tepat untuk renovasi sesuai bujet.

Dengan melakukan riset, Anda juga akan lebih menghemat waktu saat membeli bahan bangunan. Rekening Anda pun tak bocor karena membeli material berkualitas dan sesuai anggaran.

Membeli dalam jumlah yang sesuai

Saat merenovasi rumah, ada beberapa bahan bangunan yang harus dibeli dengan jumlah tertentu. Untuk material dasar, seperti pasir, semen, dan batu, ada baiknya Anda membeli dalam jumlah banyak dan sekali angkut. Cara ini akan membantu Anda dalam menghemat ongkos kirim (ongkir).

Selain itu, pilih juga toko yang tepat. Hal ini merupakan kunci keberhasilan proyek renovasi rumah Anda.

Anda bisa membeli sumber bahan bangunan dari toko bangunan tepercaya seperti Mitra10.

Mitra10 menawarkan 25.000 jenis produk untuk kebutuhan bahan bangunan dan perlengkapan rumah yang berasal dari 600 lebih sumber pemasok. Saat ini, Mitra10 memiliki puluhan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Terkini, Mitra10 telah membuka gerai baru agar lebih dekat dengan masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tepatnya di Jalan Ahmad Yani Pal 8 Kecamatan Kertak Hanyar.

Bukan itu saja, Mitra10 juga punya program keanggotaan yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan reward point setiap belanja, menikmati harga khusus, cicilan nol persen, gratis layanan antar, tambahan garansi, serta promo khusus di merchant rekanan.

General Manager Marketing Communication Mitra10 Erick Koswara mengatakan, pembukaan toko baru di berbagai kota di Indonesia merupakan komitmen PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

“Banjarmasin merupakan kota baru dan pertama kalinya Mitra10 buka. Kami melihat peluang yang cukup baik (di sana) karena menurut data Badan Pusat Statistik (BPS),” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Erick melanjutkan, Kota Banjarmasin merupakan daerah pusat perputaran uang. Kota itu menggambarkan pusat perekonomian di Kalimantan Selatan. Dengan pembukaan toko di Banjarmasin, Mitra10 kini memiliki 39 toko di 22 kota.

“Harapannya, pembukaan Mitra10 di Banjarmasin dapat menjadi destinasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat kota ini akan kebutuhan belanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah dalam satu atap,” imbuhnya.

Mitra10 cabang Banjarmasin berdiri di atas area seluas dua hektare dengan total luas bangunan 7.000 meter persegi (m2). Toko offline ini juga memiliki selling area 2.500 m2 dan didukung area warehouse seluas 3.000 m2.

Adapun Mitra10 juga memiliki produk in house brand, di antaranya Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, dan Fiorano.

Produk-produk dari merek tersebut terbagi menjadi 13 kategori, mulai dari cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, instalasi pipa (plumbing), material bangunan, listrik dan lampu, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware), hingga home appliances.

Sesuai komitmen sebagai one stop shopping for home, Mitra10 juga memberikan tempat dan suasana belanja yang bersih dan nyaman. Tata letak produk diatur secara menarik, katalog produk disajikan secara informatif, dan harga yang ditawarkan juga kompetitif.

Sebagai informasi, saat ini Mitra10 sedang mengadakan promo Extra Sale yang berlangsung hingga Minggu (20/6/2021).

Pada promo tersebut, Mitra10 menawarkan berbagai keuntungan seperti extra cashback hingga 10 persen dan hemat biaya pembelian hingga 60 persen.

Menyimpan material bangunan dengan aman

Setelah membeli material, Anda perlu mempertimbangkan tempat penyimpanannya selama proses renovasi berlangsung.

Menyimpan material di tempat yang tepat dapat memengaruhi daya tahan bangunan. Misalnya, semen dan pasir ditempatkan pada area kering dan tidak lembap.

Seperti diketahui, semen dan pasir yang terkena air akan hancur dan basah. Kalau sudah seperti ini, material tersebut tidak dapat digunakan dengan maksimal.

Maka dari itu, saat proyek renovasi tengah berjalan, tentukan tempat menyimpan bahan material yang hendak digunakan.

Itulah empat hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak merenovasi rumah. Pastikan keempatnya Anda persiapkan dengan baik agar hasil perbaikan rumah bisa sempurna.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya