Cara New York Atasi Sungai Kotor, Bangun Kolam yang Bisa Menyerap 600.000 Galon Air Per Hari

Kompas.com - 15/06/2021, 16:21 WIB
Sungai terapung di East River New York Amerika Serikat architecturaldigest.comSungai terapung di East River New York Amerika Serikat

KOMPAS.com - Sebuah kolam renang terapung akan dibangun di tepian sungai bagian timur Kota New York, Amerika Serikat.

Kolam renang tersebut akan menjadi destinasi wisata yang sangat menarik bagi warga yang tinggal di wilayah tersebut.

"Warga New York pasti akan senang dan hampir tidak akan pernah menolak kesempatan untuk terjun ke kolam yang apik dan fotogenik," kata Archie Lee Coates IV yang merupakan salah satu desainer kolam renang apung, dikutip dari Architecturaldigest, Selasa (15/06/2021).

Selama ini East River dikenal sebagai sungai yang kotor dan kumuh. Jarang sekali warga sekitar yang tertarik untuk berekreasi di sungai tersebut apalagi menjadikannya sebagai tempat berenang.

Baca juga: Auckland, Kota Paling Layak Huni di Dunia Tahun 2021

Bahkan pada hari-hari musim panas tiba, perairan khusus ini tidak menarik bagi siapa pun terutama yang sangat peduli dengan kebersihan.

Karena hal tersebut sejumlah arsitek berinovasi dan menyerukan pekerjaan untuk membersihkan East River agar menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Caranya yaitu dengan membuat kolam renang terapung berbentuk tanda plus raksasa di utara Jembatan Manhattan yang menghubungkan lingkungan East Village Manhattan ke Brooklyn.

Menyaring 600.000 galon air 

Kolam renang terapung ini dirancang oleh empat orang arsitek yaitu Archie Lee Coates IV dan Jeff Franklin dari firma desain PlayLab, Dong-Ping Wong dan Oana Stanescu dari firma arsitektur Family.

Archie mengatakan, ide kolam renang terapung ini sudah dipikirkannya sejak tahun 2010 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X