Kompas.com - 10/06/2021, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan untuk lahan kawasan industri (KI) untuk data center (pusat data) terus mengalami peningkatan, terutama di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Hal ini sebagaimana dikatakan Property Valuation and Advisory Team Cushman & Wakefield Indonesia Wira Agus kepada Kompas.com, Rabu (09/06/2021).

"Namun demikian, secara umum, permintaan untuk sektor IT dan data center memang meningkat," ujar Wira.

Selain GIIC, permintaan untuk Kuartal I-2021 juga terjadi di Kawasan Industri Modern Cikande, Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), Griya Idola Industrial Park (GIIP), MM2100, Kawasan Industri Jababeka, serta Karawang New Industry City (KNIC).

Baca juga: Bangkit dari Pandemi, Telkom Property Perkuat Peluang Digital

Kendati permintaan menunjukkan pertumbuhan, namun harga lahan KI masih belum mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya.

 

Salah satu pusat data yang menjadi tenant (penyewa) di GIIC Kota Deltamas adalah Telkom HyperScale Data Center (HDC) milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom.

Kehadiran Telkom HyperScale Data Center ini menambah pertumbuhan serapan pusat data di Kota Deltamas.

Saat ini, pembangunan Telkom HDC sebagai pusat data skala besar berstandar global telah memasuki tahap akhir.

Tahap akhir pembangunan struktur gedung kantor Telkom HDC ini ditandai dengan prosesi topping-off (penutupan atap), Rabu (09/06/2021). 

Finalisasi pembangunan fasilitas berstandar internasional dengan sertifikasi 3 dan 4 tersebut akan meningkatkan kapasitas pengumpulan dan pengolahan data di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber telkom
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.