Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Rp 17,6 Miliar Dikucurkan untuk Rusun Mahasiswa Stisipol Raja Haji

Kompas.com - 08/06/2021, 10:29 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan anggaran Rp 17,6 miliar untuk membangun rumah susun (rusun) mahasiswa Stisipol Raja Haji di Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Rusun yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas tersebut diharapkan dapat menjadi pilihan tempat tinggal bagi para mahasiswa sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.

"Kami akan terus membangun rumah susun untuk generasi muda Indonesia agar mereka bisa belajar tinggal di hunian vertikal," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis, Selasa (08/06/2021).

Baca juga: Rusun Sekelas Apartemen untuk ASN di Yogyakarta Rampung Bulan Depan

Khalawi menerangkan, saat ini lahan untuk hunian di daerah semakin berkurang seiring pertambahan penduduk.

Untuk itu, Kementerian PUPR bersama dengan perguruan tinggi berupaya memaksimalkan lahan yang ada dengan membangun hunian vertikal.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III Zubaidi didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Riau, Octavianus Siahaan dan PPK Rumah Susun Saiwan menyatakan rusun Stisipol Raja Haji akan dibangun dengan berbagai fasilitas pendukung agar mahasiwa dapat belajar dan tinggal dengan nyaman.

"Rusun Stisipol Raja Haji di Kepri akan dibangun dengan anggaran senilai Rp 17,6 miliar. Kami juga akan menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti meubelair di dalamnya," katanya.

Rusun Stisipol Raja Haji akan dibangun satu tower setinggi tiga lantai. Jumlah hunian yang disediakan sebanyak 43 unit tipe 24.

Pelaksanaan pembangunannya diperkirakan membutuhkan waktu pembangunan selama 240 hari.

Saat ini telah dilakukan pematangan lahan, pekerjaan beton cor K300 kolom dan shear wall, pemasangan plumbing dan batu miring.

Secara keseluruhan, pembangunan rusun Stisipol Raja Haji masih berjalan dengan baik sesuai rencana dan diharapkan selesai pada akhir tahun 2021 ini.

Pembangunan rusun Stisipol Raja Ali Haji ini merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan rumah layak huni sekaligus bagian dari dukungan pemerintah terhadap program pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com