Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saluran Pengendali Banjir Dibangun di KEK Mandalika

Kompas.com - 04/06/2021, 13:05 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun saluran pengendali banjir di Sungai Soker dan Sungai Ngolang, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) senilai Rp 28,2 miliar.

Pembangunan jaringan infrastruktur ini dilakukan demi mengurangi risiko banjir di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, termasuk sirkuit MotoGP.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, perubahan iklim menjadi tantangan dalam pengelolaan SDA di Indonesia.

Dia mengatakan, pergeseran dan perubahan masa musim hujan dan kemarau, serta pola hujan dengan durasi pendek namun intensitasnya tinggi kerap mengakibatkan banjir.

“Saya mengajak semua pihak untuk menjaga daerah tangkapan air melalui penghijauan kembali dan menahan laju alih fungsi lahan,” tutur Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (04/06/2021).

Saluran pengendali banjir KEK Mandalika ini menghubungkan (sodetan) beberapa anak sungai seperti Daerah Aliran Sungai (DAS) Tobelo, Ngolang, dan Balak yang selanjutnya dialirkan ke tampungan air Lagoon Triputri.

Baca juga: Dukung MotoGP Mandalika, Jalan Bypass Rampung September

Pada tahun lalu, telah dimulai pembangunan saluran sepanjang 7 kilometer dan dilanjutkan pada Tahun Anggaran (TA) 2021 sepanjang 2 kilometer.

Pekerjaan pembangunan saluran pengendali banjir tahun ini ini meliputi penyempurnaan kegiatan tahun lalu, box culvert, dan saluran Sungai Soker sepanjang 305 meter.

Selanjutnya, saluran ruas Novotel-Triputri sepanjang 1.200 meter, penataan Sungai Nandus sepanjang 1.230 meter, serta lanskap.

Pembangunan saluran pengendali banjir dilaksanakan oleh kontraktor PT Citra Putera La Terang.

Hingga kini, progres pembangunannya telah mencapai 22,76 persen dengan target tuntas akhir Desember 2021.

KEK Mandalika memiliki lahan seluas 1.034 hektar dengan lokasi strategis di Pulau Lombok, yakni terbentang mulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan.

Kawasan yang didorong menjadi salah satu destinasi wisata unggulan kelas dunia ini dapat ditempuh melalui jalur darat sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com