6.488 Kepala Keluarga Korban Bencana NTT Telah Terima Dana Tunggu Hunian Rp 9,7 Miliar

Kompas.com - 19/05/2021, 10:19 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat bertemu dengan warga Kota Kupang yang rumahnya rusak berat akibat terdampak Badai Seroja KOMPAS.COM/SIGIRANUS MARUTHO BEREGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat bertemu dengan warga Kota Kupang yang rumahnya rusak berat akibat terdampak Badai Seroja

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 6.488 kepala keluarga di Nusa Tenggara Timur (NTT), yang rumahnya rusak akibat bencana Badai Seroja, telah menerima dana tunggu hunian (DTH) sebesar Rp 9,7 miliar.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi mengungkapkan hal itu di Kupang, Rabu (19/5/2021) malam. Josef menyebut, masing-masing kepala keluarga menerima uang Rp 500.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bagi masyarakat yang masuk dalam kategori rusak berat, sudah kami berikan bantuan berupa DTH sebesar Rp 500.000 per bulan untuk tiga bulan atau jika ditotal anggarannya adalah Rp 9,7 miliar," kata Josef.

Baca juga: 1.000 Unit Risha untuk Korban Bencana NTT Tuntas September 2021

Menurut Josef, DTH hanya diberikan kepada masyarakat yang rumahnya masuk dalam kategori rusak berat.

Karena rumah warga yang rusak berat tidak bisa dihuni lagi dan harus menumpang di rumah-rumah tetangga atau keluarganya.

"Pemerintah tidak menyediakan aula bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat, karena saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga kita takut adanya klaster baru," ujar Josef.

Josef juga mengaku, kesulitan yang masih dihadapi Pemprov NTT dalam mendata kerusakan rumah warga akibat Badai Seroja yakni masyarakat masih belum mengetahui perbedaan kategori atau pengelompokan rumah rusak berat, sedang, maupun ringan.

Hal ini karena terdapat sedikit perbedaan antara kategori-kategori tersebut.

Bantuan DTH dari BNPB Pusat itu diberikan kepada 6.488 kepala keluarga yang tersebar di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Utara, Malaka, Belu, Alor, Lembata, Flores Timur, Nagekeo dan Sumba Timur.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.