BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Avian

Mau Bikin Kamar Pribadi untuk Anak, Ini Tips yang Perlu Orangtua Tahu Sebelum Melakukan Dekorasi

Kompas.com - 28/04/2021, 09:25 WIB
Ilustrasi kamar Anak Photographee.euIlustrasi kamar Anak

KOMPAS.com – Kemandirian merupakan salah satu sikap yang perlu orangtua tanamkan pada anak sejak dini. Dengan memiliki kemandirian, anak diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dan menghadapi berbagai masalah kehidupan sendiri di masa depan.

Untuk mengajarkan kemandirian pada anak, orangtua bisa memberikan si buah hati kamar pribadi. Cara tersebut dapat melatih rasa tanggung jawabnya sehingga tak bergantung pada orang tua.

Lebih dari itu, memberikan kamar pribadi pada anak juga memberikan beragam manfaat. Melansir laman magicalnest.com, Senin (29/7/2019), memberikan anak kamar pribadi dapat membantunya menjadi lebih dewasa baik itu secara mental maupun fisik.

Tak hanya membuatnya lebih bertanggung jawab dan mandiri, di ruangan pribadinya, anak akan belajar mengembangkan imajinasinya melaui berbagai hal yang ada di area privatnya.

Baca juga: Simak, Trik Dekorasi Kamar Tidur Minimalis

Dari sisi kesehatan, menurut psikolog anak Jovita Maria Ferliana, anak yang tidur sendirian memiliki kualitas tidur lebih baik. Sebab, anak tidak mendengar suara lain yang bisa mengganggu tidurnya.

“Beda halnya apabila anak masih tidur dengan orangtua. Manfaat lainnya adalah orangtua secara tidak langsung mengajarkan anak tentang aturan, batasan, dan sopan santun,” ujar Jovita seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Meski demikian, membujuk anak untuk tidur di kamar sendiri butuh kreativitas dan tenaga ekstra. Orangtua bisa memulainya dengan menyiapkan kamar yang nyaman dan sesuai dengan kesenangan anak. Berikut tips dekorasi interior yang bisa orangtua lakukan.

Tentukan konsep kamar

Konsep interior kamar menjadi hal utama yang mesti orangtua pertimbangkan saat hendak membuat kamar pribadi untuk anak.

Agar anak merasa nyaman dengan kamar pribadinya, tak ada salahnya orang tua mengaplikasikan hal-hal yang menjadi kesukaan anak.

Baca juga: Simak, Cara Dekorasi Kamar Anak Menurut Feng Shui

Ajak anak untuk menentukan konsep kamar yang ia sukai. Sebab, keterlibatan anak akan membantu menumbuhkan rasa memiliki pada kamar tersebut. Dengan demikian, anak bisa betah dan nyaman.

Namun, jika anak tidak memiliki kegemaran tertentu, orangtua bisa mendesain kamar dengan konsep sederhana agar mudah dipadupadankan.

Pemilihan desain yang simpel akan memudahkan saat ingin mendekor ulang kamar.

Gunakan furnitur berkualitas

Furnitur berkualitas bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Orangtua pun bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu memperbaiki atau mengganti furnitur ke depannya.

Tak hanya itu, furnitur berkualitas juga lebih kuat karena menggunakan kayu atau bahan baku lain yang sudah teruji.

Furnitur pun tidak mudah patah dan menyebabkan kecelakaan saat anak sedang tidur atau bermain di kamar.

Sirkulasi udara dan pencahayaan

Guna menunjang kenyamanan, kamar tidur harus memiliki ventilasi dan jendela agar sirkulasi udara berjalan lancar. Dengan begitu, kesehatan pernapasan anak pun terjamin.

Selain mendukung kelancaran pertukaran udara, ventilasi dan jendela juga menjadi sumber cahaya alami. Seperti diketahui, sinar matahari di pagi hari mampu membunuh bakteri penyebab penyakit yang hidup dalam debu.

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Interior dan Eksterior Rumah yang Tepat

Untuk lampu kamar, sebaiknya pilih bohlam yang memiliki daya pijar tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang. Pastikan juga letak sakelar lampu mudah dijangkau oleh anak.
Rak penyimpanan

Hal yang tak boleh terlewatkan ialah rak penyimpanan. Keberadaan benda ini memiliki peran penting bagi kehidupan anak.

Saat balita, rak umumnya berfungsi untuk menyimpan mainan. Namun, saat anak bertambah usia, benda tersebut beralih menjadi tempat penyimpanan peralatan pribadinya, seperti buku, tas, atau perlengkapan hobi.

Kehadiran rak juga membantu menumbuhkan rasa tanggung jawab anak dalam menyimpan dan merapikan peralatan pribadinya sejak dini.

Agar dapat digunakan untuk semua kebutuhan anak di sepanjang pertumbuhan usianya, pilih rak dengan ukuran yang tidak terlalu kecil serta memiliki desain dan warna netral.

Pemilihan warna cat

Tak sekedar estetika, warna pada sebuah ruangan juga mampu memengaruhi kondisi psikologis secara keseluruhan orang yang berada di dalamnya.

Jika ingin membangkitkan semangat dan gembira, warna-warna terang, seperti hijau, oranye, kuning, dan merah muda, bisa jadi pilihan untuk kamar anak.

Baca juga: Padahal, Cat Tembok Dapat dengan Sendirinya Menolak Noda Menempel

Namun, itu saja kadang belum cukup. Seiring waktu, kondisi kamar bisa berubah. Terlebih, jika anak punya hobi membuat prakarya dan memajang hasilnya di dinding.

Maka dari itu, orangtua juga perlu mempertimbangkan jenis cat yang hendak digunakan. Salah satu jenis cat yang bisa diaplikasikan pada kamar anak adalah yang memiliki spesial efek seperti HomeDeco Magnetic, cat seri Disney dari Avian Brands.

HomeDeco Magnetic Disney SeriesAvian HomeDeco Magnetic Disney Series

HomeDeco Magnetic merupakan jenis cat berbahan dasar air dan dapat melapisi bidang atau substrate menjadi lapisan yang dapat menarik magnet dan membuatnya dapat menempel kuat hanya dengan mengaplikasikan cat sebanyak tiga sampai empat kali lapis.

Berkat keunggulan tersebut, anak bisa leluasa menempelkan prakarya yang dibuat tanpa harus mengotori atau melubangi tembok.

Sebab, Anda tidak perlu menempelkannya dengan selotip atau paku payung, melainkan cukup manfaatkan pin bermagnet untuk merekatkan gambar ke dinding.

Baca juga: Tren Warna Kamar Tidur 2021, Lebih Memberikan Rasa Nyaman

Memiliki fitur tersebut, tembok juga dapat menjadi sarana belajar anak. Orangtua tidak perlu membeli papan magnet karena tembok yang telah dilapisi cat dapat berfungsi sama.

Orangtua hanya perlu membeli tempelan magnet abjad atau angka untuk membantu anak belajar merangkai kata dan berhitung. Selain hemat biaya, orangtua dapat menghemat ruang.

Selain fitur magnetic, produk tersebut tidak mengandung merkuri dan timbal seperti cat pada umumnya sehingga aman bagi anak.

Seperti diketahui, merkuri dan timbal merupakan logam berat yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Kedua logam tersebut dapat mengganggu pertumbuhan, indra pendengaran, dan menurunkan kemampuan belajar anak.

Sebagai informasi, HomeDeco Magnetic merupakan cat dari Avian Brands seri Disney. Dalam edisi khusus tersebut, Avian Brands juga menyediakan varian cat lainnya, seperti cat spesial efek HomeDeco Glitz, HomeDeco Glow in the Dark, cat tembok anti bakteri Avitex 4kids, dan Everglo Kids Care.

Untuk informasi lebih lanjut terhadap semua produk cat tersebut, silakan kunjungi tautan ini.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya