Tak Banyak yang Tahu, Cuka, Teh, dan Kopi Bisa Warnai Perabot Kayu

Kompas.com - 06/04/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi mengecat furnitur kayu, SHUTTERSTOCK/KanvagIlustrasi mengecat furnitur kayu,

KOMPAS.com - Ada banyak cara memberikan nuansa baru bagi ruangan di rumah Anda. Salah satunya dengan mewarnai perabot kayu.

Bila khawatir mewarnai perabot kayu dapat membawa polutan ke dalam rumah, Anda bisa mewarnainya dengan pewarna-pewarna alami tanpa racun berikut ini.

Teh

Teh merupakan bahan yang dapat ditemui di hampir setiap rumah. Selain sebagai bahan minuman, teh juga bisa digunakan sebagai pewarna kayu.

Baca juga: Pandan dan Sirih Ampuh Usir Serangga, Semut dan Kecoa Pun Lari

Anda hanya perlu mendidihkan daun-daun teh dalam dua cangkir air. Pastikan teh yang Anda buat, kental.

Setelah itu, sapukan air teh panas pada permukaan kayu. Setiap jenis teh akan memberikan warna berbeda.

Kopi

Selain teh, tentu Anda akrab dengan "pewarna" yang satu ini, yaitu kopi. Didihkan kopi hitam dan biarkan kopi tersebut dingin.

Kemudian, gunakan kuas atau kain bersih untuk membubuhkan kopi pada permukaan kayu. Jangan khawatir bila ampas kopi mengumpul pada satu titik tertentu di permukaan kayu.

Semakin lama Anda membiarkan kopi beserta ampasnya diam di atas kayu, semakin gelap pula hasilnya. Ceklah setiap sepuluh menit untuk mendapatkan warna yang Anda inginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X