Libur Panjang, Penumpang Bus di Terminal Pengelolaan BPTJ Naik Tajam

Kompas.com - 04/04/2021, 16:00 WIB
Bus angkutan perbatasan terintegrasi busway (APTB) Bogor-Rawamangun, Jumat (15/3/2013) terlihat menunggu penumpang di tepi jalan, sekitar 200 meter dari Terminal Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat. APTB sudah dua hari tidak memasuki Terminal Bubulak karena ditolak sopir angkutan kota rute Bubulak-Terminal Baranangsiang. 

KOMPAS/ANTONY LEEBus angkutan perbatasan terintegrasi busway (APTB) Bogor-Rawamangun, Jumat (15/3/2013) terlihat menunggu penumpang di tepi jalan, sekitar 200 meter dari Terminal Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat. APTB sudah dua hari tidak memasuki Terminal Bubulak karena ditolak sopir angkutan kota rute Bubulak-Terminal Baranangsiang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mencatat bertepatan dengan libur panjang Paskah 2021, Terminal Tipe A yang berada di bawah pengelolaan BPTJ mengalami peningkatan penumbang bus Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Adapun Terminal Tipe A yang berada di bawah pengelolaan BPTJ meliputi Terminal Tipe A
Jatijajar, Kota Depok, Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Terminal Pondok Cabe, Kota
Tangerang Selatan dan Terminal Baranangsiang Kota Bogor.

Kepala BPTJ Polana B Pramesti mengatakan, jumlah penumpang rata-rata per hari
pada libur panjang mengalami kenaikan antara 26 persen hingga 96 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang rata-rata per hari sepanjang bulan Maret 2021 khususnya pada setiap akhir pekan.

Baca juga: Jadi Peluang Investasi, Bagaimana Target Transportasi Jakarta Tahun 2030?

Menurutnya kenaikan juga terjadi pada jumlah armada bus yang beroperasi. Untuk unit bus yang beroperasi rata-rata per hari, pada akhir pekan awal bulan April ini mengalami
peningkatan antara 15 persen sampai dengan 58 persen dibandingkan dengan bus yang beroperasi rata-rata per hari pada setiap akhir pekan di bulan sebelumnya.

Adapun rinciannya sebagai berikut:

1. Untuk Terminal Poris Plawad sepanjang Maret lalu setiap akhir pekan rata-rata melayani penumpang sebanyak 491 orang per hari.

Sementara pada akhir pekan ini mengalami kenaikan menjadi 782 penumpang per harinya. Armada bus di terminal ini juga mengalami kenaikan 15 persen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada akhir pekan Maret 2021 terdapat 138 bus yang beroperasi, sedangkan akir pekan April ini terdapat 159 unit bus yang beroperasi.

Dari total jumlah penumbang tersebut, tujuan terbanyak adalah menuju Wonogiri dan Yogyakarta.

2. Terminal Jatijajar Depok juga mengalami kenaikan jumlah penumpang mencapai 96 persen.

Pada akhir pekan Maret 2021 jumlah penumpang bus di terminal tersebut hanya 371 orang. Sementara pada akhir pekan April 2021 ini terdapat sebanyak 729 orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X