Pawonsari Bakal Jadi Model Pengembangan Jawa Bagian Selatan

Kompas.com - 02/04/2021, 19:01 WIB
KUNJUNGI-- Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra saat berkunjung di Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2021). KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWIKUNJUNGI-- Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra saat berkunjung di Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra mengatakan, Pawonsari akan menjadi model pengembangan Jawa bagian Selatan (JBS).

"Pawonsari akan menjadi model yang kami kembangkan untuk JBS," tutur Surya dikutip dari laman resmi Kementerian ATR/BPN, Jumat (02/04/2021).

Pawonsari melibatkan tiga daerah di 3 provinsi berbeda di kawasan JBS yakni Kabupaten Pacitan di Jawa Timur, Kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah dan Kecamatan Wonosari di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Surya tak memungkiri, kondisi JBS memiliki banyak tantangan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan di wilayah tersebut yang dimulai dari Pawonsari.

Namun, jika mengetahui peluang dan dapat dimanfaatkan dengan baik, maka akan berpotensi besar.

Untuk itu, kata Surya, dibutuhkan kerja sama dengan lembaga terkait untuk pengembangan JBS seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT), dan lain sebagainya.

Baca juga: Wamen ATR/BPN Minta Pemetaan Potensi Jawa Bagian Selatan Dipercepat

Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno mengucapkan terima kasih terkait kerja sama Pawonsari demi upaya percepatan pembangunan JBS.

Sebelumnya, tutur Setyo, telah terbentuk Badan Kerja Sama Antar Daerah Pawonsari sejak Tahun 2002.

Pawonsari menjadi wadah kerja sama bagi tiga daerah karena mempunyai kesamaan problematika yang dihadapi hingga potensi Sumber Daya Alam (SDA).

"Itu semua yang melatarbelakangi tujuan kami serta menjadi motivasi untuk maju dan sejahtera bersama-sama," tutur Setyo.

Dalam bidang pertanahan, Kabupaten Wonogiri telah melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) serta menerbitkan 7.825 sertifikat.

Selain legalisasi aset pertanahan masyarakat, PTSL juga menjadi sarana mengajak masyarakat untuk memahami informasi terkait rekaman data pertanahan lengkap.

Pada kesempatan itu,Surya juga menyerahkan 35 sertifikat Hak Pakai (HP) atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X