Ground Breaking Pabrik Pangansari, Khofifah Berharap Ekonomi Jawa Timur Segera Bangkit

Kompas.com - 31/03/2021, 18:26 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berfoto bersama Bupati dan Wakil Bupati Gresik serta manajemen perusahaan Pangansari usai acara ground breaking, Rabu (31/3!2021) KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berfoto bersama Bupati dan Wakil Bupati Gresik serta manajemen perusahaan Pangansari usai acara ground breaking, Rabu (31/3!2021)

GRESIK, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap, perekonomian Jawa Timur dapat segera bangkit dan pulih, dengan semakin banyaknya  pengusaha yang mulai melakukan investasi dan ekspansi bisnis.

Khofifah menyampaikan hal tersebut dalam acara ground breaking pabrik Pangansari yang terletak di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Kecamatan Manyar, Gresik, Rabu (31/3/2021).

"Diharapkan awal tahun depan sudah bisa beroperasi. Saya berharap, ekonomi Jawa Timur dan Indonesia dapat segera bangkit," ujar Khofifah.

Baca juga: JIIPE Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Kebutuhan Hunian Bakal Melesat

Khofifah juga berharap, berdirinya pabrik Pangansari di kawasan JIIPE yang bakal memproduksi makanan ini mampu memberikan dampak positif terhadap kebangkitan ekonomi di Jawa Timur, lantaran grup perusahaan ini memiliki 60 persen market share.

"Saya juga berharap berdirinya pabrik ini nantinya juga dapat menyerap banyak tenaga kerja, baik dari Gresik terutama dan Jawa Timur pada umumnya," tutur Khofifah.

Pabrik Pangansari menempati lahan seluas 2,7 hektar. Pabrik ini akan menjadi yang ketiga berdiri di kawasan JIIPE.

Sebelumnya pabrik ini lebih banyak melakukan aktivitas produksinya di kawasan Indonesia bagian timur.

"Kami sebagai pemerintah daerah, membuka luas untuk investasi. Kami mengharap multi efek dari berdirinya pabrik ini, yang nantinya dapat menyerap banyak tenaga kerja lokal Gresik," kata Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani.

Gus Yani-sapaan Fandi Akhmad Yani juga berharap, kehadiran pabrik Pangansari yang akan dapat memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi warga sekitar dan Gresik pada umumnya.

Terlebih, angka pengangguran di Gresik masih cukup tinggi jika dibanding Jawa Timur.

"Semoga dengan hadirnya pabrik ini akan bisa mengurangi pengangguran," ucap dia.

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X