Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ground Breaking Pabrik Pangansari, Khofifah Berharap Ekonomi Jawa Timur Segera Bangkit

Kompas.com - 31/03/2021, 18:26 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap, perekonomian Jawa Timur dapat segera bangkit dan pulih, dengan semakin banyaknya  pengusaha yang mulai melakukan investasi dan ekspansi bisnis.

Khofifah menyampaikan hal tersebut dalam acara ground breaking pabrik Pangansari yang terletak di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Kecamatan Manyar, Gresik, Rabu (31/3/2021).

"Diharapkan awal tahun depan sudah bisa beroperasi. Saya berharap, ekonomi Jawa Timur dan Indonesia dapat segera bangkit," ujar Khofifah.

Baca juga: JIIPE Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Kebutuhan Hunian Bakal Melesat

Khofifah juga berharap, berdirinya pabrik Pangansari di kawasan JIIPE yang bakal memproduksi makanan ini mampu memberikan dampak positif terhadap kebangkitan ekonomi di Jawa Timur, lantaran grup perusahaan ini memiliki 60 persen market share.

"Saya juga berharap berdirinya pabrik ini nantinya juga dapat menyerap banyak tenaga kerja, baik dari Gresik terutama dan Jawa Timur pada umumnya," tutur Khofifah.

Pabrik Pangansari menempati lahan seluas 2,7 hektar. Pabrik ini akan menjadi yang ketiga berdiri di kawasan JIIPE.

Sebelumnya pabrik ini lebih banyak melakukan aktivitas produksinya di kawasan Indonesia bagian timur.

"Kami sebagai pemerintah daerah, membuka luas untuk investasi. Kami mengharap multi efek dari berdirinya pabrik ini, yang nantinya dapat menyerap banyak tenaga kerja lokal Gresik," kata Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani.

Gus Yani-sapaan Fandi Akhmad Yani juga berharap, kehadiran pabrik Pangansari yang akan dapat memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi warga sekitar dan Gresik pada umumnya.

Terlebih, angka pengangguran di Gresik masih cukup tinggi jika dibanding Jawa Timur.

"Semoga dengan hadirnya pabrik ini akan bisa mengurangi pengangguran," ucap dia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com