Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdayakan Pedagang Kaki Lima, Perusahaan Indonesia Juara Kompetisi Alibaba Jumpstarter 2021

Kompas.com - 24/03/2021, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan start-up (rintisan) asal Indonesia, Outpos, memenangi penghargaan pada kategori ritel di kompetisi Alibaba Jumpstarter 2021 Global Pitch.

Kompetisi startup pitch terbesar itu diselenggarakan oleh Alibaba Hong Kong Entrepreneurs Fund.

Outpos merupakan salah satu dari 10 perusahaan terbaik di antara lebih dari 2.000 peserta dari berbagai penjuru dunia yang berlomba untuk memenangkan dua hadiah utama.

Perusahaan rintisan itu menjadi jawara karena telah memberdayakan para pedagang kaki lima dalam menghadirkan menu santapan tradisional menggunakan teknologi masa depan.

Outpos memanfaatkan solusi digital untuk mengintegrasikan para pedagang kaki lima ke ekosistem street food modern (makanan kaki lima) dengan biaya dan waktu jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan membuka restoran.

Atas kemenangannya itu, Outpos menerima pujian dari para juri karena memberikan inovasi, potensi pasar, dan dampak sosial positif.

Founder Outpos Shariff Raffi mengatakan, menjadi partisipan pada Alibaba Jumpstarter 2021 merupakan pengalaman berharga baginya, terutama Outpos masih menjadi perusahaan rintisan.

Baca juga: Investor Ritel Tumbuh 48,82 Persen, OCBC NISP Gelar Program Peningkatan Literasi Keuangan

"Kami senantiasa berupaya untuk menyempurnakan produk dan menyediakan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh target konsumen kami," ucap Shariff dalam siaran pers, Selasa (24/3/2021).

Secara khusus, Outpos berupaya untuk memodernisasi pedagang makanan kaki lima untuk mengintegrasikan mereka ke dalam masyarakat dan lanskap kota yang kian terdigitalisasi.

Untuk diketahui, Pandemi Covid-19 membuat kompetisi Jumpstarter 2021 tahun ini diselenggarakan pertama kalinya secara daring.

Atas dukungan mitra kolaborasi, lebih dari 220 sesi semi-pitching diselenggarakan secara daring dan menarik lebih dari 126.000 penonton dari seluruh dunia.

Hal tersebut menjadikan kompetisi tahun ini menjadi yang terbesar sejak acara perdananya. Artinya, ini menunjukkan semangat para perusahaan rintisan dan pendukungnya meski di tengah kondisi Pandemi Covid-19. 

Selain kesempatan untuk mendapatkan pendanaan, Alibaba Hong Kong Entrepreneurs Fund juga menawarkan 20 partisipan Jumpstarter 2021 untuk mengikuti program Alibaba Netpreneur Training.

Program tersebut dirancang untuk membekali para wirausahawan dan pelaku bisnis dengan pengetahuan dan masukan yang dapat membantu mereka berkembang di ekonomi digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com