Begini Wajah Baru dan Keindahan Arsitektur Masjid Istiqlal

Kompas.com - 14/03/2021, 16:30 WIB
Tampilan baru Masjid Istiqlal usai direnovasi, Jakarta, Kamis (7/1/2021). Renovasi ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun lalu, dengan memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah sekaligus memperhatikan aspek arsitektur, seni, hingga estetika. BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDENTampilan baru Masjid Istiqlal usai direnovasi, Jakarta, Kamis (7/1/2021). Renovasi ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun lalu, dengan memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah sekaligus memperhatikan aspek arsitektur, seni, hingga estetika.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membagikan video TikTok yang diunggah melalui akun resmi @kemenpupr mengenai perubahan Masjid Istiqlal pasca-renovasi.

Masjid terbesar se-Asia Tenggara dan menjadi kebanggaan Indonesia itu dibuat lebih menarik, modern serta fasilitas lebih lengkap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam video berjudul "New Masjid Istiqal" dijelaskan, pasca direnovasi terjadi perubahan estetis dan dekoratif seperti sistem pencahayaan.

Baca juga: Mengintip Pembangunan Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral Jakarta

Lampu sorot kubah bagian dalam yang semula hanya memiliki satu warna yaitu kuning keemasan, saat ini dibekali dengan sistem pencahayaan yang dapat diubah dengan berbagai macam warna.

"Setelah 51 tahun dibangun, Masjid Istiqlal direnovasi, warna kubah (bagian luar) bisa menyesuaikan dengan fase bulan. Bahkan lighting interiornya menggunakan sensor," bunyi penjelasan Kementerian PUPR dalam video TikTok.

Presiden Joko Widodo meninjau Masjid Istiqlal yang telah usai direnovasi, Jakarta, Kamis (7/1/2021). Renovasi ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun lalu, dengan menghabiskan waktu 14 bulan untuk merampungkan proses renovasi.BIRO PERS SETPRES / MUCHLIS JR Presiden Joko Widodo meninjau Masjid Istiqlal yang telah usai direnovasi, Jakarta, Kamis (7/1/2021). Renovasi ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun lalu, dengan menghabiskan waktu 14 bulan untuk merampungkan proses renovasi.
Selanjutnya, terdapat pula kolam refleksi di mana air kolam tersebut dapat memantulkan landscape kemegahan bangunan Masjid Istiqlal.

Selain itu juga terdapat lokasi yang dikhususkan untuk kios-kios pedagang yang ditata dengan rapi dan bersih.

Renovasi juga dilakukan pada ruang tempat wudhu untuk pria dan wanita dengan kondisi kamar mandi yang jauh lebih kinclong dan bersih.

Baca juga: Peringati Milad Ke-43 Masjid Istiqlal, Sinarmas Wakafkan 3.000 Al Quran

Sentuhan baru juga terjadi pada ruang parkir bawah tanah. Sebelumnya, masjid ini tidak memiliki ruang parkir bawah tanah melainkan hanya ruang parkir ground atau sejajar dengan lantai dasar masjid.

Dan terakhir, terdapat bangunan baru berupa Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istitqlal dengan Gereja Katedral Jakarta yang tepat berada di seberangnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.