Film dan Arsitektur, Perkawinan Kreativitas Kelas Wahid

Kompas.com - 13/03/2021, 14:00 WIB
Clive Owen sebagai Louis Salinger dan Director Tom Tykwer  saat dilokasi Colombia Pictures dari trailer The Inernational. K. C. Bailey/arch dailyClive Owen sebagai Louis Salinger dan Director Tom Tykwer saat dilokasi Colombia Pictures dari trailer The Inernational.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak banyak film yang menyajikan karya arsitektur kelas wahid sebagai lokasi adegan mereka.

Berbeda dengan film The International yang tayang pada 2009 lalu, justru menampilkan berbagai macam karya arsitektur di berbagai belahan dunia.

Para pemain The International ditempatkan melalui sudut pandang arsitek karena film itu merupakan ajang pamer dari gedung-gedung kota paling beken di dunia.

Misalnya, Museum Solomon R Guggenheim di New York, Amerika Serikat, dan The Phaeno Science Center di Wolfsburg, Jerman.

Museum Solomon R Guggenheim dirancang oleh arsitek legendaris Frank Lloyd Wright yang berfungsi sebagai ruang salah satu adegan utama film.

Museum ini dibuka untuk umum pada 21 Oktober 1959 atau berselang enam bulan setelah kematian Wright.

Bahkan, museum ini bisa dibilang sebagai karya terakhir Wright sebelum dia mengembuskan napas terakhirnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guggenheim merupakan museum seni yang terkenal sekaligus salah satu ikon arsitektur terpenting pada abad ke-20.

Baca juga: Raih 6 Nominasi Oscar, Begini Proses Desain Rumah Film Parasite

Lebih dari itu, Museum Guggenheim menjadi pusat budaya, lembaga pendidikan, dan jantung dari jaringan museum internasional.

Para pengunjung pun dapat menyaksikan pameran khusus seni modern dan kontemporer oleh seniman dan kritikus, pertunjukan dan pemutaran film, serta tur harian ke galeri yang dipimpin oleh pengelola museum.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X