Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Bandung Lebih Suka Cari Rumah di Bandung, Bagaimana dengan Depok?

Kompas.com - 24/02/2021, 15:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang Bandung lebih suka mencari rumah dan tinggal di Bandung. Dengan kata lain, Bandung menjadi lokasi favorit untuk tinggal bagi penduduknya.

Hal ini terungkap dari webinar Property Outlook 2021 yang digelar Rumah123 dan 99 Group, Rabu (24/02/2021).

Menurut Country Manager Rumah123 Maria Herawati Manik, ada sekitar 92,6 persen orang Bandung yang mencari dan memilih rumah di lokasi mereka tinggal.

Hanya 1,2 persen orang Bandung yang punya keinginan untuk mencari dan tinggal di kota lain seperti Bogor, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Tangerang, dan Surabaya.

Baca juga: Beli Rumah Rp 300 Juta, Ini Cicilan yang Harus Dibayar dengan DP 0 Persen

Tak hanya orang Bandung, lanjut Maria, mereka yang saat ini berdomisili di Surabaya  juga lebih memilih untuk tinggal di lokasi yang sama yakni sekitar 91,5 persen, sementara 3,4 persen punya keinginan tinggal di Tangerang Selatan, 1,4 persen di Jakarta Utara dan 1,7 persen di Depok.

Bagaimana dengan penduduk Depok? 

Dalam survei ini, disebutkan bahwa orang Depok masih mencintai kotanya sebagai tempat tinggal dengan angka 62,3 persen.

Meskipun demikian, banyak juga yang ingin tinggal di Bogor yakni sekitar 18,9 persen, sedangkan yang ingin tinggal di Tangerang Selatan berjumlah 9,4 persen.

"Yang menarik adalah penduduk Jakarta yang menunjukkan pilihan moderat. Sekitar 9,3 persen menginginkan tinggal di Tangerang Selatan, dan 7,9 persen ingin tinggal di Tangerang," ujar Maria.

Sedangkan mereka yang memilih rumah dan ingin tinggal di Jakarta Barat menempati posisi tertinggi dengan angka 17,9 persen.

Adapun penduduk Jakarta yang mengidamkan tinggal di kawasan Jakarta Selatan sebanyak 17,3 persen.

Survei yang dilakukan Rumah123 ini berdasarkan lokasi properti favorit sesuai daya beli dan domisili para pencari properti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com