Pembangunan Bendungan Way Sekampung Tuntas Juli 2021

Kompas.com - 28/01/2021, 11:55 WIB
Bendungan Way Sekampung Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRBendungan Way Sekampung

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, telah mencapai 80,75 persen.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Abdul Muis mengatakan hal itu dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (27/1/2021).

Bendungan Way Sekampung dengan progres saat ini mencapai 80,75 persen dan ditargetkan selesai Juli 2021,” ucap dia.

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik per detik yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi sebesar 55,373 hektar.

Selain itu, air irigasi untuk ekstensifikasi berupa pengembangan daerah irigasi rumbia extension dengan potensi luas 17.334 hektar.

Baca juga: Konstruksi Bendungan Meninting Lombok Barat Baru 6,5 Persen

Manfaat lain Bendungan Way Sekampung adalah sebagai penyedia air baku sebesar 2.482 liter per detik untuk Kota Bandar Lampung, Branti, Kota Metro.

Kemudian, mereduksi banjir sebesar 185 meter kubik per detik dan berpotensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 5,4 megawatt (MW).

Konstruksi Bendungan Way Sekampung terbagi menjadi 4 paket yaitu paket 1 dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk dengan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp 923 miliar.

Kemudian, paket 2 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 863,8 miliar.

Sedangkan untuk paket 3 dikerjakan PT PP (Persero) Tbk dan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp 152,8 miliar, serta paket 4 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk senilai Rp 135 miliar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X