Selama Pandemi, Konsumsi Barang Elektronik Meroket

Kompas.com - 18/11/2020, 18:50 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengubah pola kehidupan masyarakat di dunia. Karena pandemi, banyak orang memilih untuk beraktivitas di dalam rumah.

Perubahan tersebut ternyata berdampak juga terhadap konsumsi dan alokasi belanja masyarakat.

The Economist Intelligence Unit (EIU) melakukan survei membandingkan sejumlah harga barang-barang konsumsi yang dibeli masyarakat di 130 kota di seluruh dunia.

Hasilnya, EIU menemukan bahwa konsumsi elektronik ternyata meningkat tajam pada masa pandemi Covid-19, mengalahkan konsumsi pakaian.

"Dalam hal barang-barang konsumsi, telah terjadi kenaikan harga komputer yang tajam, sementara harga pakaian mengalami penurunan," kata Kepala Riset Biaya Hidup Sedunia The Economist Intelligence Unit, Upasana Dutt dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Selasa (18/11/2020).

Upasana bahkan memperkirakan tren tingginya konsumsi elektronik ini akan terus berlanjut hingga tahun mendatang.

Baca juga: Zurich, Paris, dan Hong Kong Kota Termahal Sedunia 2020

Bukan tanpa alasan, di tengah pandemi Covid-19 banyak orang yang sadar untuk membatasi pengeluarannya.

Kata dia, pengeluaran hanya dilakukan untuk hal-hal yang sifatnya prioritas termasuk barang-barang yang berfungsi untuk mendukung kerja dan aktivitas di dalam rumah atau Work From Home (WFH).

"Jadi banyak konsumen sudah sadar harga dan akan memprioritaskan pengeluarannya seperti untuk kebutuhan pokok, hiburan di rumah dan akses internet yang lebih cepat," kata Upasana.

Sementara barang-barang mahal seperti pakaian dan rekreasi di luar rumah, akan sepi penimat dan akan terus bermasalah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X